Marques Juara Dunia Termuda Moto GP

Oleh Tgl: November 11, 2013
Marc Marquez

SPANYOL – Kendati tampil gemilang di sirkuit Valencia spayol, Jorge Lorenzo tidak dapat membendung kemenangan Marc Marques untuk menjadi juara dunia Moto GP 2013, Minggu (10/11).

Finish di urutan ketiga di belakang  Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo,  Marc memastikan menjadi juara dunia termuda dengan keunggulan poin atas Lorenzo.

Marquez resmi menjadi juara dunia termuda kelas primer sepanjang sejarah dan rookie pertama kelas primer yang jadi juara dunia sejak Kenny Roberts melakukannya pada 1978, atau 35 tahun yang lalu.

Di dalam sirkuit Lorenzo kembali melakukan aksi brilian saat start. Dari posisi kedua, dia melejit ke depan melewati pole sitter Marc Marquez yang merosot ke urutan ketiga. Dani Pedrosa yang start dari posisi ketiga naik ke urutan kedua.

Pada putaran kedua, Pedrosa berhasil melewati Lorenzo, tetapi langsung terkejar kembali. Kejadian yang sama berulang di awal lap ketiga, dan pada putaran-putaran berikutnya.

Senggolan antara Lorenzo dan Pedrosa tak terhindarkan. Pada lap ke-10, Pedrosa sempat melebar dan merosot ke urutan kelima, saat bersenggolan dengan Lorenzo. Saat Lorenzo melambat, Marquez mengambil momen untuk melejit ke depan.

Race Direction akan menyelidiki insiden antara Lorenzo dan Pedrosa ini setelah balapan.

Cal Crutclow gagal menutup balapan terakhirnya bersama Yamaha Tech 3 dengan manis. Pebalap Inggris yang musim depan akan berseragam Ducati tersebut mendapat kecelakaan dan harus berhenti dari balapan.

Lorenzo, yang membawa misi harus juara demi membuka peluang untuk mempertahankan gelar juara dunianya, kembali mengambil tempatnya dari Marquez, pada lap ke-11. Sementara itu, Pedrosa sudah bisa kembali ke posisi ketiga, dan mulai mengejar Marquez yang makin tertinggal dari Lorenzo.

Marquez, yang hanya butuh finis di posisi keempat untuk memastikan raihan gelar juara dunia, membalap lebih tenang, tidak seagresif biasanya. Dia bahkan tak memberi perlawanan saat Pedrosa melewatinya pada putaran ke-26.

Saat balapan tersisa empat putaran, pebalap Pramac Racing Ducati, Andrea Iannone, mendapat insiden di tikungan satu, yang mengakhir balapannya. (***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *