Kiprah TOTAL, Dari Kaltim ke Bengkulu

Oleh Tgl: November 5, 2013
total 2

BENGKULU – TOTAL, perusahaan minyak dan gas yang sudah beroperasi di Indonesia sejak 1968 dengan mengoperasikan blok lepas pantai Mahakam (50% partisipasi, sebagai operator, 50% INPEX) di Kalimantan Timur, kini masuk Bengkulu.

Dalam siaran persnya, TOTAL mengungkapkan akan melakukan  kegiatan pemboran sumur eksplorasi Rendang –1X di Blok Bengkulu-1 Mentawai di laut lepas Provinsi Bengkulu.

Di Kalimantan Timur, TOTAL menggarap proyek lapangan gas Peciko, Tunu dan lapangan gas kondensat Tambora serta lapangan minyak Bekapai dan Handil. TOTAL juga menjadi operator di lapangan gas Sisi-Nubi dengan partisipasi 47,9%. Operasi yang begitu besar menempatkan Total pada 2012 sebagai operator produsen gas dan minyak terbesar di Indonesia (dalam skala barel ekuivalen minyak).

TOTAL saat ini menyuplai 80% kebutuhan gas kilang LNG Bontang dengan produksi pada 2012 sebesar 1,871 MMscf/d dan 67,000 bbl/d untuk minyak dan kondensat, atau 412,000 bbl/d ekuivalen minyak. Produksi Total di Indonesia pada 2012 adalah 132,000 bbl/d ekuivalen minyak.

TOTAL juga aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan eksplorasi di Indonesia dengan mengambil saham-saham partisipasi di 14 blok eksplorasi di Indonesia pada akhir 2012 dengan menargetkan khususnya wilayah eksplorasi laut dalam dan wilayah-wilayah under-explored frontier.

Pada Oktober 2012, Total mulai berproduksi 2 bulan lebih cepat di lapangan Stupa yang baru sebagai bagian dari Wilayah South Mahakam Fase 1 dan 2. Pada 2013 ini, Total mengebor 2 sumur eksplorasi di Blok South East Mahakam (Sumur Tongkol 1) dan Southwest Bird’s Head (Sumur Anggrek Hitam 1X) dan lebih dari 100 sumur pengembangan sebagai bagian dari operasi Blok Mahakam.

Sebagai bagian dari program CSR di Indonesia, Total terlibat aktif dalam pemberdayaan dan pengembangan kapasitas masyarakat yang tertuang dalam berbagai program pendidikan dan riset, kesehatan dan nutrisi, pemberdayaan ekonomi, serta pelestarian lingkungan dan pengembangan energy alternative. Upaya-upaya ini sejalan secara konsisten dengan komitmen Total dalam menjawab tantangan pembangunan yang berkelanjutan.

Komitmen TOTAL lainnya untuk Indonesia adalah melalui program-program pengembangan sumber daya manuisia, yaitu program pengembangan tenaga kerja nasional dan tenaga kerja nasional pada tingkat manajerial melalui berbagai pelatihan dan penugasan-penugasan internasional, serta pengembangan karir bagi pegawai-pegawai baru.

TOTAL juga terus memperluas kerjasama dengan pengusaha-pengusaha nasional dan meningkatkan penciptaan lapangan kerja secara tak langsung secara signifikan, yang saat ini mencapai 22.000 jam kerja penuh pada industri ini. (***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *