Ketika Batu Bisa Hilangkan Stres

Oleh Tgl: November 8, 2013
batu akik

BENGKULU – Batu akik yang termasuk ke dalam jenis batu semi mulia, selain memiliki nilai seni, ternyata mampu menghilangkan stres para penikmatnya. Demikian dikatakan Dr. Agus Gunawan, selaku Ketua Bengkulu Agate Community (BAC). ”Batu akik bikin tenang, sumber semua ketenangan, batu akik luar biasa saat melihatnya dan bisa menghilangkan stres,“ katanya.

Nilai seni dari motif yang unik, lanjutnya, warna yang cantik dan bahan pembuatannya yang bervariasi. Ada fosil kayu, ada sendimen bekuan, banyak varian-variannya dan pemberian nama yang melekat ke dalam hati menjadikan batu akik memiliki kekhasan tersendiri.

Dari sisi ekonomi, bagi Agus sangat tinggi lantaran batu akik diambil secara gratis dan cukup bermodalkan keterampilan serta peralatan sederhana. Batu akik, kata Agus, terdapat di sepanjang hamparan pantai Kabupaten Bengkulu Utara sampai ke Muko-Muko. Bisa juga diambil di Pantai yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan.

”Batu akiknya gratis, tinggal ambil, tinggal dibuat lalu dijual, sisi ekonomisnya tinggi,“ ungkap pria yang mengaku telah tertarik dengan keindahan batu sejak kecil ini.

Perlu diketahui, sejauh ini jumlah pengrajin batu akik sebanyak 60-an orang. 40-an ada di Kota Bengkulu dan sisanya tersebar di beberapa kabupaten di Provinsi Bengkulu. Namun yang terhimpun ke dalam organisasi BAC baru ada 10 orang pengrajin batu akik.

Bahkan diantaranya tengah berada di Jakarta mewakili Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Bengkulu guna mempromosikan batu akik di tingkat nasional. (gue)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *