Isi Surat Abbott: Australia Tidak akan Rugikan RI Lagi

Oleh Tgl: November 27, 2013
anti_sadap_antilacak

JAKARTA – Pemerintah Australia akhirnya menanggapi positif surat SBY terkait penyadapan yang dilakukan kedubes Australia di Jakarta. Dalam butir kedua isi surat balasan Perdana Menteri Australia Tonny Abbott ditegaskan komitmen Australia  untuk  tidak akan melakukan sesuatu di masa depan yang mengganggu dan merugikan Indonesia.

Australia, lanjut Abbott masih ingin menjaga dan melanjutkan hubungan bilateral dengan Indonesia. Point ain yang penting adalah PM Australia setuju terhadap usulan Presiden SBY untuk menata kembali kerja sama bilateral, termasuk pertukaran intelijen, dengan menyusun protokol dan kode etik yang jelas, adil dan dipatuhi.

Surat Perdana Menteri Australia Tonny Abbott yang ditujukan sebagai balasan atas surat protes Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terkait dengan penyadapan yang dilakukan intelijen Australia terhadap Presiden RI itu, Ibu Negara Nyonya Ani Yudhoyono, dan sejumlah pejabat lainnya.

Presiden SBY memaparkan komitmen Australia yang termaktub dalam surat PM Abbott itu seusai rapat terbatas di Kantor Presiden di Jakarta, kemarin. “PM Abbott menilai hubungan kedua negara saat ini kuat dan terus berkembang,” kata Presiden SBY.

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *