Jadi Tuan Rumah HPN Berkat Kerja Keras Semua Pihak

Oleh Tgl: November 1, 2013
eko perhubungan

BENGKULU – Berawal dari keinginan yang kuat dan perjuangan panjang hingga akhirnya mewujudkan mimpi untuk menjadi tuan rumah penyelenggaran Hari Pers Nasional (HPN) 2014 mendatang. Tidak hanya menggembirakan bagi insan pers Bumi Rafflesia, tapi segenap masyarakat Provinsi Bengkulu.

Kenapa tidak ? Selain menjadi ajang memperkenalkan kebudayaan, sejarah dan mempromosikan pariwisata, dibalik penyelenggaran HPN juga terdapat pundi-pundi APBN dalam jumlah besar yang akan digelontorkan guna menunjang pembangunan suprastruktur dan infrastruktur di Provinsi Bengkulu.

Dikemukakan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Bengkulu Drs. Agusrianto saat menceritakan sejarah singkat hal-hal yang melatarbelakangi tercetusnya keinginan untuk memperjuangkan Bengkulu menjadi tuan rumah penyelenggaraan HPN 2014.

Eko mengatakan, dana APBN sebesar Rp 11 T dialokasikan pemerintah pusat ke Provinsi Nusa Tenggara Timur. Juga Provinsi Sulawesi Utara, Manado yang mendapatkan alokasi dana APBN sekian triliunan.

”Karenanya gubernur berpikir, apabila Bengkulu ditetapkan sebagai tuan rumah HPN, maka Bengkulu akan mendapatkan gelontoran dana serupa, seperti tuan rumah sebelum-sebelumnya,“ kata Eko kepada jurnalis bengkuluonline.com.

Meskipun tetap berharap usulan proposal mencapai angka Rp 8 T disetujui semuanya oleh Presiden RI. Akan tetapi, Eko mencoba berpikir realistis, tidak semuanya dikabulkan pun, penyelenggaran HPN akan membawa dampak besar pada aspek dan sendi-sendi kehidupan perekonomian di Provinsi Bengkulu.

”Kita ga muluk-muluk la, dapat setengah dari usulan saja itu sudah berapa kali lipat APBD provinsi pertahunnya,“ Eko menambahkan,

Selanjutnya ide Bengkulu tuan rumah HPN sebenarnya telah dikemukakan sejak beberapa tahun terakhir. Berawal dari keinginan kuat Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bengkulu. Yang mendapatkan dukungan gubernur dan Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Kurnia Utama, S.Sos, M.Si beserta sejumlah pihak lainnya.

Berawal dari itu, maka proses, pendekatan dan upaya mendapatkan dukungan PWI pusat gencar dilakukan. Hebatnya lagi, Bengkulu berhasil menyingkirkan Provinsi Jawa Barat dan Nusa Tenggara Barat yang juga berkeinginan menjadi penyelenggara dan tuan rumah HPN. Hingga akhirnya pada saat pergelaran kongres di Banjarmasin, Bengkulu ditetapkan sebagai tuan rumah HPN 2014.

”Kalau keinginan sudah dari beberapa tahun sebelumnya, hanya realisasinya baru sekarang. Tapi berkat usaha, kerja keras dan dukungan semua pihak, akhirnya Bengkulu dipercaya untuk ditetapkan sebagai penyelenggara dan tuan rumah HPN,“ ujar Eko sembari tersenyum puas. (gUE)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *