Gubernur Usul, 20 Tahun Pakai Alat KB Dapat Rumah

Oleh Tgl: November 6, 2013
Junaidi_Hamsyah_-_Gubernur_Bengkulu

BENGKULU – Program keluarga berencana (KB) salah satunya adalah penggunaan alat kontrasepsi baru, yakni inplan di Provinsi Bengkulu meraih kesuksesan besar. Setelah berhasil membuat 11 ribu lebih warga melakukan pemasangan inplan.

Angka ini melampaui target sebanyak 10 ribu akseptor peserta inplan. Karenanya Gubernur Bengkulu H. Junaidi Hamsyah, S.Ag, M.Pd menargetkan sebanyak 100 ribu warga se-Provinsi Bengkulu pasang alat kontrasepsi implan pada tahun 2014.

”Mungkin tidak tahun depan (2014, red) 100 ribu ibu-ibu pasang implan. Kalau iya kita bisa buat MOU dengan Akbid atau sekolah tinggi kesehatan lainnya untuk mensosialisasikan implan pada saat penyelenggaran KKN, satu orang mahasiswa menangani 10 orang warga,“ kata Junaidi.

Selain itu, Junaidi juga mengimbau kepada Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) agar mencanangkan untuk memberi penghargaan kepada masyarakat yang telah konsisten ikut dalam program KB. Bahkan bila perlu diberi penghargaan sebuah rumah sebagai bentuk apresiasi lantaran telah setia terhadap program KB.

”Kalau ada yang sudah 20 tahun pakai KB beri penghargaan, berikan rumah, dengan catatan memang layak dibantu sebagai bentuk penghargaan kepada yang konsisten,“

Selain itu bila perlu, lanjut Junaidi, manfaatkan PNS di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu untuk dijadikan tenaga BKKBN dalam mensosialisasikan program KB dan memasyarakat program tersebut kepada masyarakat.

”Jumlah PNS di pemda provinsi kan berlebih, coba manfaatkan dengan memberikan insentif kepada PNS tersebut,“ ujar Junaidi. (gue)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *