Gubernur Terdepan Pimpin Gerakan Menanam Pohon

Oleh Tgl: November 29, 2013
20131128_092415

BENGKULU – Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah, mengajak semua komponen masyarakat untuk tidak lagi melakukan perambahan hutan. Bahkan dianjurkan untuk berperan menyukseskan program penghijauan dengan menanam pohon.

Gubernur mengatakan banyak sisi positif dari gemar menanam pohon, yakni lingkungan lestari dan tetap hijau. “Gerakan menanam pohon ini harus dilandasi dengan kesadaran untuk melakukan rehabilitasi hutan dan lahan serta perbaikan lingkungan,” kata Junaidi, kemarin.

Untuk itu, Junaidi mengapresiasi komponen masyarakat yang telah mendukung penuh gerakan ini. Pasalnya saat ini, upaya penyelamatan lingkungan, rehabilitasi hutan dan lahan, melalui konservasi tanah dan air.

Selain itu, kata Gubernur, yang lebih penting lagi gerakan reboisasi dan penghijauan sudah tidak dapat ditunda lagi.

Gubernur memaparkan, bumi saat ini tengah menghadapi beberapa ancaman global. Seperti banjir, erosi, tanah longsor, kekeringan, pemanasan global, rusaknya lingkungan alam, kepunahan dan hilangnya beberapa jenis flora dan fauna, kebakaran lahan dan hutan dan sejumlah permasalahan vital lainnya.

“Hutan yang terpelihara dengan baik dan lahan yang ditumbuhi pepohonan dengan cukup akan berfungsi melindungi lahan sekitarnya. Dengan demikian, lahan akan berfungsi dengan baik dalam menata air, menyerap dan menyimpan air, lahan menjadi subur, kelembaban tanah, udara, dan iklim dapat terjaga keseimbangannya,” terang Junaidi. (gue)

 

 

 

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *