Empat Operator Terlibat Penyadapan?

Oleh Tgl: November 23, 2013
penyadapan

JAKARTA – Langkah menjual Indosat ke asing yang dilakukan pemerintahan Megawati baru dirasakan dampaknya sekarang. Banyak pihak waktu itu menilai penjualan Indosat harus dilihat banyak aspek, jangan hanya mengedepankan faktor ekonomi saja, tapi juga faktor keamanan nasional, terutama menyangkut penyadapan pihak asing.

Kekhawatiran itu ternyata terbukti. Harian Australia merilis berita yang menyebutkan ada empat operator telekomunikasi yang terlibat penyadapan yang dilakukan oleh pemerintah Australia. Menanggapi hal itu Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul

Sembiring menegaskan pihaknya tidak pandang bulu akan mencabut izin siapa saja yang terlibat penyadapan.

Tindakan penyadapan melanggar Undang-undang Nomor 36 tahun 1999 tentang Telekomunikasi, khususnya Pasal 40. Karena itu, jika ada operator telekomunikasi yang terlibat penyadapan, maka izin mereka akan dicabut.

The Australian dan Sydney Morning Herald melaporkan penyadapan dilakukan lewat Satelit Palapa milik Indosat dan optik milik Sintel yang memiliki saham 35 persen di Telkomsel. Mereka yang diberitakan terlibat adalah Excelcomindo (XL), Telkomsel, Indosat, dan Hutchison 3G. (***)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *