Elektabilitas Hatta Di Atas Yusril

Oleh Tgl: November 4, 2013
hatta radjasa

JAKARTA – Ketua Umum Partai Amanat Nasional Hatta Rajasa dianggap sebagai calon wakil presiden terkuat dari kalangan partai Islam. Hatta mengungguli sejumlah tokoh Islam lain seperti Yusril Ihza Mahendra, Muhaimin Iskandar, Suryadharma Ali, Anis Matta.

Lingkaran Survey Indonesia (LSI) yang melakkukan survey calon presiden dari kalangan partai islam menempatkan Hatta Radjasa di urutan pertama dengan 31,3 persen disusul Yusril Ihza Mahendra 15,2 persen, Muhaimin Iskandar 11,8 persen, Suryadharma Ali 10,7 persen, dan Anis Matta 7,5 persen.

Lembaga sigi itu memprediksi, pada Pemilu 2014 mendatang, calon presiden hanya bisa diusung oleh PDI Perjuangan, Partai Golkar, dan satu tiket hasil koalisi. Ardian mengatakan, satu tiket terakhir paling mungkin diisi oleh kombinasi tokoh nasionalis dan tokoh dari partai Islam.

Pada posisi calon presiden, survei lSI menunjukkan elektabilitas tertinggi ditempati oleh Joko Widodo (38,3 persen), disusul oleh Prabowo Subianto (11,1 persen) dan Wiranto (10 persen).

Sementara itu Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid mengaku partainya sedang membahas calon presiden yang bakal diusung pada Pemilu 2014. Tokoh yang bakal diusung PKS, kata Hidayat, akan ditentukan Dewan Syuro.

Pada 1999, PKS pernah mengajukan calon presiden dari internal partai yakni Didien Hafidhudin. Sedangkan pada Pemilu 2004, PKS mendukung Amien Rais dan 2009 memilih Susilo Bambang Yudhoyono.  (***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *