Dr. Dian Resmikan PIK Smart Art Generation SMKN 5 Kota Bengkulu

Oleh Tgl: November 20, 2013
Peresmian pik smart smkn 5 kota

BENGKULU – Anggota Komisi IX DPR RI Dr. Hj. Dian A. Syakhroza bersama Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyambangi SMKN 5 Kota Bengkulu, Rabu, 20 November 2013. Dalam Rangka meresmikan Pusat Informasi Dan Konseling (PIK) Smart Art Generation SMKN 5.

Selain itu, Dr. Dian juga menggelar dialog bertajuk Generasi Emas (Genre) bersama siswa-siswi dan bakti sosial (Baksos) pelayanan KB kesehatan. Guna menyukseskan sosialisasi program kependudukan dan keluarga berencana (KB) melalui seni budaya dan olahraga.

Dr. Dian mengatakan, PIK merupakan salah satu program BKKBN yang diharapkan mampu menjadi wadah bagi remaja yang ingin membagi ceritanya atau curhat mengenai sex. PIK ini sendiri menggunakan konselor sebaya, konselor sebaya dipilih karena remaja cenderung lebih nyaman ketika membicarakan mengenai sex dengan teman sebayanya.

Konselor sebaya merupakan duta BKKBN yang memiliki komitmen kuat dan telah mendapatkan pelatihan sesuai kurikulum standar yang disusun BKKBN. Dengan harapan mampu memberikan pemahaman mengenai kesehatan reproduksi, keterampilan hidup, penyelesaian masalah temannya dan mampu menjaga rahasia ang telah dipercayakan kepadanya.

Dr. Dian menambahkan, PIK ini sendiri memiliki tiga tahapan yakni tahap tumbuh, tegak dan tegar. Proses pengembangan dan pengelolaan masing-masing tahapan tersebut didasarkan pada materi dan isi pesan yang diberikan, ciri kegiatan yang dilakukan, dukungan dan jaringan yang dimiliki.

”Diharapkan dengan adanya PIK remaja di SMKN 5 Kota Bengkulu mampu meningkatkan kesadaran siswa khususnya dan warga sekolah umumnya untuk memperhatikan masalah kesehatan reproduksi dan hal lainnya menyangkut sex education,“ demikian Dr. Dian. (gue)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *