Dian Syahroza Beberkan 5 Kunci Keamanan Pangan

Oleh Tgl: November 23, 2013
Dian Syakhroza-12

BENGKULU – Anggota Komisi IX DPR RI Dr. Hj. Dian A. Syakhroza. menekankan pentingnya menjaga kualitas pangan yang akan dikonsumsi. Dia menilai diperlukan pemahaman mengenai keamanan pangan, meliputi upaya mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia dan benda lain yang membahayakan.

”Pangan yang aman adalah pangan yang bebas dari bahaya biologis, kimia dan benda lain yang menyebabkan gangguan kesehatan terutama pada anak, untuk itu kemanan pangan penting dipahami,“ kata Dr. Hj. Dian A. Syakhroza.

Menurutnya, pentingnya pemahaman mengenai keamanan pangan harus dimulai dari lingkungan rumah tangga atau keluarga. Dapur rumah tangga menjadi tempat pertama untuk menghasilkan pangan aman dan berkualitas.

Untuk keamanan pangan keluarga, kata Dian, ada lima kunci agar terhindar dari berbagai penyakit akibat pangan yang tercemar. Pertama,  jenis pangan yang akan dibeli, lokasi pembelian, kemampuan penyimpanan, cermat memilih dan membeli pangan sesuai kebutuhan di rumah.

Selain itu, juga diharapkan untuk selalu cermat membaca label pada produk pangan olahan yang digunakan dalam penyiapan makanan.

”Dalam memilih pangan perlu diperhatikan jenis pangan, lokasinya apakah bersih, dan penyimpanannya juga harus tepat,“ beber Dr. Dian.

Kedua, lanjut Dr. Dian, simpan pangan dengan aman. Pastikan pangan dingin disimpan pada suhu kurang dari 5 derajat dan pangan beku kurang dari 0 derajat celcius. Pisahkan juga penyimpanan pangan mentah dengan pangan matang. Hindari kontak langsung saat penyimpanan baik pangan mentah dengan yang matang untuk mencegak adanya kontaminasi mikroba.

Ketiga, Dr. Dian menambahkan, siapkan pangan dengan seksama. Peralatan dapur dicuci terlebih dahulu, hindari menggunakan minyak goreng secara berulang. Selalu menggunakan peralatan dapur yang bersih, kering dan berfungsi dengan baik seperti pisau, talenan, sendok atau blender. Saat menyiapkan makanan pastikan dapur dan peralatan makan bersih dan kering.

Keempat, Dr. Dian menjelaskan, sajikan pangan dengan aman. Salah satu Cara untuk memastikan makanan aman untuk dimakan adalah memasaknya hingga matang sempurna. Jenis pangan segar yang langsung dikonsumsi disajikan dengan pangan matang, jika makanan tidak segera dikonsumsi maka harus disimpan pada suhu dingin yaitu di lemari pendingin.

Terakhir, bersih selalu, makan yang aman bagi keluarga berawal dari dapur yang bersih. Untuk mencegah pertumbuhan mikroba, sangat penting untuk menjaga semua permukaan dapur bersih. Sampah dapur segera dibuang sehingga tidak mengotori area dapur dan tidak menimbulkan bau. Jangan sampai ada lalat atau serangga yang masuk ke dalam rumah serta elalu menjaga lingkungan agar selalu bersih.

”Keamanan pangan harus dimulai dari lingkungan terkecil, maka itu keluarga penting menjaga dapur tetap bersih dan kering,“ Dr. Dian memaparkan. (gue)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *