Danlanal Kurang Sreg Ada Wayang di HPN

Oleh Tgl: November 13, 2013
wayang1

BENGKULU – Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Horas Wijaya Sinaga, SE mengungkapkan, ketidaksetujuannya terhadap pementasan wayang yang akan menjadi salah satu rangkaian acara perhelatan akbar HPN 2014 di Provinsi Bengkulu.

”Secara pribadi, saya kurang sreg dengan wayang, memang Jawa sudah cukup besar di Bengkulu, tapi mohon untuk lebih menonjolkan kebudayaan asli daerah, karena kita pada saat HUT TNI juga mengangkat budaya lokal, tapi ini pendapat pribadi saya,“ kata Danlanal.

Menanggapi hal itu, Ketua Harian HPN Azwar Boerhan mengatakan, soal wayang, provinsi lain juga melakukan itu. Bukan Berarti budaya lokal tidak ditampilkan. ”Kita tetap menonjolkan seni budaya daerah, pasti kita akomodir seluruhnya,“ kata Azwar.

Sementara itu, Plt Sekdaprov Bengkulu Drs. H. Herry Syahriar, MM berpendapat, terkait pendapat Danlanal tentang wayang, ia minta disusun secara baik. Misalnya, wayang ditampilkan pada malam hari, sebelumnya pentas seni dan budaya asli Provinsi Bengkulu.

Sedangkan Ketua Panitia HPN Pusat Rita Astuti mengutarakan, mengenai pagelaran wayang kulit merupakan hobby sang Ketua Umum PWI Pusat.

Kemudian Kadishubkominfo Provinsi Bengkulu Drs. Eko Agusrianto menjelaskan, kenapa wayang diangkat menjadi salah satu rangkaian acara HPN ? Itu untuk menghormati Ketua Umum PWI Pusat yang memiliki andil besar atas ditetapkannya Provinsi Bengkulu sebagai tuan rumah dan selaku penyelenggara HPN.

”Tapi bukan berarti kita mengkesampingkan budaya lokal, kita tetap berkomitmen menjadikan ajang HPN ini sebagai wadah untuk mempromosikan kekayaan Bengkulu akan kesenian dan kebudayaan yang kita miliki,“ tegas Eko. (gue)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *