Dampak Topan Haiyan, Intensitas Hujan Pulau Sumatera Tinggi

Oleh Tgl: November 12, 2013
topan haiyan

JAKARTA – Dampak topan Haiyan yang meluluhlantakkan Filipina terhadap Indonesia bisa dirasakan secara langsung. Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB mengungkapkan, curah hujan tinggi di kawasan Sumatera dan daerah lain di utara garis khatulistiwa adalah dampak langsung ‘monster’ topan tersebut.

Dalam keterangannya, Sutopo mengungkapkan di daerah tersebut ombak laut ikut tinggi, sekitar 4-5 meter. Daerah Timur yang berada di bawah garis khatulitiwa seperti Nusa Tenggara, Bali dan Papua justru akan kering, karena butir air penyebab hujan tersedot oleh massa Topan Haiyan.

Kini Topan Haiyan bergerak menerjang Vietnam. Dikabarkan  topan tersebut menghancurkan ratusan rumah, dan mencabut ribuan pohon setelah menerjang Vietnam. Pemerintah Vietnam mengatakan hingga saat ini belum ada laporan adanya korban jiwa akibat terjangan topan.

Di kota Hai Phong, hujan lebat turun disertai angin kencang. “Badai itu benar-benar besar. Saya merasa rumah saya bergoncang hebat tadi malam,” ujar Nam Nguyen Hung (70), seorang warga yang menjadi saksi tiupan topan Haiyan. Kondisi serupa juga terjadi di ibukota Vietnam, Hanoi, dan sejumlah rumah di beberapa provinsi utara, rusak akibat tiupan angin kencang. “Ratusan rumah rusak di bagian atapnya.

Ribuan pohon tumbang di provinsi ini,” ujar Nguyen Cong Thuan, seorang pejabat pemerintah di provinsi Quang Ninh. “Tiga orang dilaporkan hilang,” lanjutnya. Provinsi Quang Ninh adalah wilayah yang paling terkena dampak topan. Kerusakan bangunan di sana yang disebabkan oleh tiupan topan diperkirakan mencapai 4,7 juta US Dollar. (***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *