BKKBN Getol Garap ABG

Oleh Tgl: November 6, 2013
seminar KB

BENGKULU – Dalam rangka mensukseskan program Keluarga Berencana (KB), Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bekerjasama dengan Poltekes Kemenkes Provinsi Bengkulu gelar Seminar Nasional bertajuk “Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana Bagi Generasi Muda, di aula Poltekes Kemenkes pada Rabu (6/11).

Dalam acara ini hadir Prof. Dr. Fasli Jalal,PHD,SP.GK., Kepala BKKBN Pusat dan DR. Demsa Simbolon, S.KM, M.Kes., keduanya bertindak sebagai narasumber. Selain itu juga hadir Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Hendarini, B.Sc, S.Sos., dan anggota Komisi IX DPR RI, Dian Syakhroza.

Fasli menjelaskan pemahaman tentang program KB di usia dini sangatlah penting untuk kematangan dalam mengongsong kehidupan di masa yang akan datang. Program KB bukan hanya soal mengatur jumlah anak, tapi lebih dimaksudkan kepala kualitas anak yang akan lahir kelak.

“Peningkatan kualitas SDM merupakan pilar utama pembangunan. Untuk mendapatkan kualitas SDM yang baik sangat ditentukan oleh kualitas pembinaan keluarga sejak dini, karena keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama bagi perkembangan anak”, ujar Fasli.

Ditambahkan Fasli, orangtua mempunyai peran yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan dasar anak agar tumbuh kembang optimal. Orangtua mengemban peran asuh, asih, dan asah. Asuh berarti memenuhi kebutuhan nutrisi, imunisasi, kebersihan badan dan lingkungan, pengobatan, serta bermain.

Asih adalah menciptakan rasa aman, nyaman, dilindungi, diperhatikan, maupun dihargai. Sementara asah mengandung pengertian melakukan stimulasi (ransangan dini) pada semua indera, sensorik, motorik, emosi-sosial, bicara, koqnitif, mandiri, dan kreativitas. Jika semuanya dapat terpenuhi dengan baik, maka sang anak dapat lebih siap dan menjadi “bibit” yang berkualitas.(Ran)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *