Bengkulu Bisa Contoh Pemda Jabar Bentuk BUMD Khusus Batu Bara

Oleh Tgl: November 23, 2013
batu bara

JAKARTA – Pemprov Jabar dalam waktu dekat segera membentuk BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) bidang minyak dan gas menyusul prospek di  bidang itu berkembang pesat di wilayah tersebut seperti di Karawang, pengeboran minyak terus dilakukan.

Di Bengkulu sebenarnya hal yang sama bisa dilakukan dengan membuat BUMD khusus batu bara mengingat komoditas ini berkembang pesat. Pemerintah bisa berpatisipasi di bidang tambang, seperti pengangkutan ataupun penjualan.

Seperti dilansir dari jabarprov.go.id pembentukan BUMD bidang minyak dan gas telah memiliki prospek saat ini sejalan dengan pertumbuhan usaha di sektor minyak dan gas yang terus berkembang.

Lebih lanjut, Pemprov Jabar akan membentuk BUMD pada bidang minyak dan gas bumi baik untuk lingkup hulu maupun hilir.  Untuk kegiatan hulu Perdanya sudah disetujui. Sedangkan akhir tahun 2013, Perda yang mengatur bidang hilir kini tengah berjuang untuk diterbitkan.

Sementara itu, dari hasil peninjauan di sejumlah daerah di Jabar terus berkembang. Bahkan untuk daerah Karawang saja, terutama di wilayah Timur eksplorasi sumur terus mengalami perkembangan. Kini tercatat ada dua sumur baru yang sudah di eksplorasi di wilayah Jabar.

Khusus untuk penjualan gas sudah mulai dilaksanakan oleh  BUMD PT Jasa Sarana melalui Divisi Usaha Jabar Energi. Saat ini, BUMD tersebut telah melakukan pelayanan pemasangan pipa untuk gas. Namun, kegiatan ini masih terbatas di daerah yang sudah terpasang pipa utama yakni daerah Depok dan Bekasi.

Dengan kian bertambahnya penggunaan gas untuk rumah tangga, diperlukan BUMD khusus yang bergerak bidang minyak dan gas. Oleh karena itu, pembentukan BUMD di bidang migas dengan lingkup usaha hulu hingga hilir merupakan solusi di Provinsi Jabar. (***)

 

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *