Belum Ada Parpol Lapor Dana Kampanye

Oleh Tgl: November 30, 2013
parpol dan kpu

JAKARTA– Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu diminta untuk mengawasi ketat dana kampanye partai politik. Untuk itu penyerahan nomor rekening menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi partai politik untuk dapat menjadi peserta pemilu

Direktur Ekskutif Perludem, Titi Anggraini kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (30/11/) mengungkapan sejak penyusunan UU Pemilihan Umum, rekening khusus dana kampanye menjadi salah satu tuntutan dari masyarakat sipil untuk menjadi data publik.

“Namun, sampai saat ini penyelenggara pemilu belum ada yang mengumumkan kepada publik perihal rekening khusus dana kampanye ini. Hal ini membuat masyarakat kesulitan dalam melakukan pemantauan dan pengawasan,” paparnya.

Sesuai ketentuan, partai politik calon dan anggota DPD peserta Pemilu wajib memberikan laporan awal dana kampanye pemilu dan rekening khusus dana kampanye pemilu kepada KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota paling lambat 14 hari sebelum hari pertama jadwal pelaksanaan Kampanye Pemilu dalam bentuk rapat umum.

 

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *