Bawa HP ke Bilik Suara Bakal Dilarang

Oleh Tgl: November 25, 2013
ketua bawaslu

BENGKULU—membawa hanphone ke dalam bilik suara bakal dilarang. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan mengusulkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait hal itu. Tidak hanya itu, semua peralatan elektronik yang dapat dipakai untuk merekam gambar juga dilarang.

Ketua Bawaslu Muhammad saat pelatihan pengawasan Pemilu bagi media massa dan ormas menjelaskan alasan rekomendasi pelarangan itu, karena disinyalir aksi di bilik suara, bakal menjadi ajang money politic.

Pemiih, lanjutnya, akan memfoto kertas yang sudah dicoblos selanjutnya diberikan kepada tim sukses salah satu peserta Pemilu untuk ditukar dengan sejumlah uang.  Beberapa kasus pada Pemilu sebelumnya, sering terjadi aksi tukar bukti coblos dengan uang, selain foto juga hasil coblosan di muka wajah calon.  Hal ini yang diantisipasi.

Untuk itu, kata dia, Bawaslu akan merekomendasikan hal itu bersamaan dengan ukuran lubang cobosan di kertas suara yang dinyatakan sah.

Sebelumnya, Muhammad, mengeluhkan kondisi institusinya saat ini. Meskipun keras bekerja dalam pengawasan pemilu, masyarakat tidak memberikan apresiasi.

Muhammad mengungkapkan di balik kesuksesan sebuah pemilu terdapat para pengawas yang juga berkeringat. Sayangnya, menurutnya, masyarakat secara umum tidak melihatnya.

“Sadarkah kami itu ada fungsi pencegahan yang kami lakukan tapi tidak tersorot media. Tidak disebut peran Bawaslu,” ujarnya.

Muhammad melanjutkan bahwa kondisi sebaliknyalah yang akan terjadi. Masyarakat tidak memberikan apresiasi tetapi justru menyudutkan mereka.

“Karena pemilu berjalan bagus lalu dipertanyakan, fungsi pencegahan kerjanya apa? Memang lagi tidak happy. Tapi ini tangung jawab luar biasa, mari kita mengawal,” ucapnya. (***)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *