Bando : Sengon Lebih Unggul Dari Sawit

Oleh Tgl: November 18, 2013
bibit sengon

BENGKULU – Bupati Kepahiang Drs. H. Bando Amin C. Kader, MM kembali menegaskan, perkebunan kelapa sawit hanya akan membuat tanah menjadi gersang. Karenanya, Bando mengimbau, agar masyarakat Provinsi Bengkulu segera beralih dari kelapa sawit lalu menanam sengon.
Menurutnya, budidaya sengon yang merupakan salah satu item program unggulan Pemkab Kepahiang memiliki banyak keuntungan. Juga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi rakyat.

”Sengon lebih baik ketimbang sawit. Kita sudah puluhan tahun menanam sawit, namun rakyat kita hanya menjadi tukang dodos sawit saja. Yang kaya orang yang punya lahan sawit dan perusahaan sawit saja. Sawit paling maksimalnya sampai 30 tahun, setelah itu sawit cuma bikin tanah gersang,” kata Bando.

Bando mengutarakan, sengon tidak seperti sawit, sengon tidak merusak. Sengon merupakan tumbuhan alam dengan manfaatnya yang sangat besar. Ia juga sependapat dengan bertambahnya perusahaan perkebunan sawit dan bertambahnya pabrik CPO, khususnya di Provinsi Bengkulu.

Disela-sela kesibukannya sebagai orang nomor satu di Bumi Sehasen, Bando juga sempat menyinggung polemik keberadaan otonomi daerah yang dikatakan gagal. Menurutnya, tidak demikian karena otonomi daerah adalah pendekatan terhadap daerah dan Kabupaten Kepahiang telah melakukan itu. (gue)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *