Ayo..Lestarikan Ganyong Bengkulu

Oleh Tgl: November 8, 2013
gayong bengkulu

BENGKULU – Mungkin masih banyak masyarakat yang belum tahu, bahkan baru mendengar istilah “Ganyong”. Ganyong adalah sejenis tumbuhan penghasil umbi. Namun saat ini kelestariannya semakin terancam karena tidak banyak orang yang menanam dan mengonsumsinya.

Memanfaatkan kesempatan ini, Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan) dan Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Tengah menciptakan inovasi baru. Ganyong yang tadinya sama sekali tidak dilirik masyarakat, saat ini menjadi salah satu komoditi unggulan di Kabupaten Bengkulu Tengah. Umbi Ganyong ini disulap menjadi sajian istimewa yang bisa disantap dan tentunya menyehatkan.

Melalui UKM (Usaha Kecil Menengah), masyarakat membudidayakan Ganyong kemudian mengolahnya menjadi keripik, stik Ganyong, dodol, hingga es krim Ganyong.

Harganya pun sangat ekonomis. Seperti es krim Ganyong, per cup-nya dihargai Rp 2.500 saja. Harga yang jauh lebih murah dibandingkan harga es krim yang beredar di pasaran. es krim ini juga menyehatkan karena memiliki kandungan susu yang kaya akan kalsium.

“Sekarang masyarakat di Bengkulu Tengah mulai berlomba-lomba bertanam Ganyong. Ini karena prospeknya menjanjikan. Selain itu Benteng jadi punya icon baru, yakni Ganyong, yang tidak dikembangkan di provinsi lain”, ujar Irna, salah satu staf Dinas Pertanian Kabupaten Benteng. (Ran)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *