Waspadai Demam dan Diare

Oleh Tgl: October 14, 2013
hujan

TABA PENANJUNG – Musim hujan dengan curah yang tinggi akhir-akhir ini bukan saja menyebabkan rawan bencana longsor dan banjir,namun juga rentan menyebarkan wabah diare dan demam. Sebab itu, warga diimbau terus menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Musim hujan seperti sekarang, penyakit yang dominan diderita warga dan diobati di RSUD adalah diare, malaria dan typus,” ujar direktur RSUD Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) dr Sayboy.

Dia menambahkan, penyakit diare bila tidak ditangani segera bisa berbahaya, sebab penderita bisa mengalami dehidrasi atau kehilangan cairan serta juga berpotensi menyebabkan kompilasi penyakit. Apalagi diare bisa menyerang siapa saja tanpa membedakan umur dan jenis kelamin.

“Pada prinsipnya diare menyerang sistem pencernaan, penderita bisa mengalami dehidrasi. Saat itu bibit penyakit yang potensial di dalam tubuh penderita bisa berkembang saat tumbuh dalam posisi lemah. Biasanya diare bisa kompilasi ke Typus dan juga malaria.” Jelas Sayboy.

Untuk itu diingatkan kepada warga, agar tetap rutin menerapkan program 3 M dan mencuci tangan pakai sabun. Selain itu dia juga mengajak warga menghindari makanan yang terkontaminasi atau dihinggapi lalat dan serangga lainnya.

“Kegiatan seperti menguras bak mandi, mengubur dan menabur bubuk ABT masih cocok diterapkan untuk mengantisipasi penyebaran nyamuk yang bisa menularkan penyakit. karena kebersihan merupakan kunci kesehatan dan ampuh mencegah penyakit,” demikian Sayboy.(***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *