Urusan Tas, Jamaah Haji Kelimpungan

Oleh Tgl: October 26, 2013
Karena Tas Jamaah Haji Kelimpungan

BENGKULU – Ternyata ada hal menarik pada saat prosesi penyambutan kepulangan jamaah haji kloter 5 Provinsi Bengkulu, Sabtu, 26 Oktober 2013. Rasa haru, suka cita tiba-tiba mendadak hilang ketika jamaah haji kelimpungan mencari tas atau koper. Oleh panitia, tas tersebut dikumpulkan di beberapa tempat guna menghindari tas tersebut masuk secara berlebihan ke dalam aula tempat peresmian pelepasan jamaah haji ke kabupaten masing-masing.

Usai acara penyerahan jamaah haji dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) provinsi ke PPIH kabupaten. Mendadak jamaah haji tersebut langsung mencari tasnya masing-masing. Akibatnya, antar jamaah desak-desakan hanya untuk mengambil tas tersebut. Kondisi ini semakin diperparah lantaran panitia ikut kelimpungan mencari tas masing-masing jamaah.

Padahal Gubernur Provinsi Bengkulu H. Junaidi Hamsyah, S.Ag, M.Pd menegaskan, panitia akan bertanggung jawab terhadap tas jamaah haji, termasuk jika ada tas jamaah yang tertukar. Untuk itu, gubernur meminta jamaah untuk memberikan kepercayaan kepada panitia penyelenggara.

Meski sudah ada jaminan dari gubernur, tidak sedikit jamaah haji yang komplain dan mengeluhkan kondisi ini, salah satunya Samsir, jamaah haji asal Kabupaten Bengkulu Utara. Kepada jurnalis bengkuluonline.com, Samsir mengaku belum menemukan tas miliknya. “Seharusnya biarkan saja kita yang bawa tas kita masing-masing, tadi mau dibawa ke dalam dilarang panitia, sekarang panitia bingung cari tas saya,” ketus Samsir.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu H. Suardi Abbas, SH, MH mengatakan, terkait kejadian ini pihaknya akan segera melakukan evaluasi untuk menemukan formula lain agar tidak terjadi hal yang sama. (gUE)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *