Timnas U-19 Bakal Ditempa Kopassus

Oleh Tgl: October 18, 2013
Timnas-U-1910

Yogyakarta – Pelatih Tim Nasional U-19 Indra Sjafri berharap Evan Dimas dkk mampu menembus Piala Dunia U-20 Selandia Baru pada 2015. Oleh karena itu, dia mempersiapkan serangkaian rencana untuk memperbaiki kualitas skuad asuhannya, di antaranya dengan latihan berat mulai bulan depan.

“Kemampuan fisik mereka sekarang di level lima. Asal sampai level enam, kami yakin bisa ikut Piala Dunia U-20,” kata Indra seusai menghadiri forum silaturahmi mahasiswa asal Sumatera Barat di Asrama Merapi Singgalang, Kota Yogyakarta, Kamis, 17 Oktober 2013, malam.

Indra mengungkapkan keberhasilan Timnas U-19 menjalani serangkaian latihan itu akan menentukan kesuksesan mereka ikut di Piala Asia U-19, Myanmar, 2014 nanti. Proses latihan akan dimulai pada 9 November 2013.

Seluruh pemain Timnas U-19 akan melawat ke Arab Saudi untuk meladeni tantangan pertandingan uji coba dengan tim nasional negara tersebut. “Kami sekaligus akan umroh untuk mengawali rangkaian latihan panjang,” kata Indra. “Para pemain (yang muslim) saya minta berdoa karena akan jalani tugas besar menembus Piala Dunia.”

Sjafri menjelaskan tim asuhannya akan menjalani sejumlah latihan penguatan mental. Indra sudah mempersiapkan sesi pelatihan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) dan Hypnotherapy. “Agar mereka lebih mampu fokus dan disiplin,” ujar Indra.

Tak hanya sampai di situ, Timnas akan melanjutkan persiapan dengan berlatih bersama Kopassus. Latihan ini diharapkan bisa membangun kekompakan dan kedisiplinan tim. “Semua itu rencana umumnya, kami masih jaring masukan lain,” kata Indra.

Setelah serangkaian persiapan latihan dijalankan, Indra akan membawa Evan Dimas dkk berlatih di Timika, Mimika, Papua. Latihan berlangsung di ketinggian hampir 2.000 meter di atas permukaan laut. Alasannya, ini bermanfaat untuk menggembleng fisik.

“Kunci kemenangan di fisik dan mental,” kata Indra. “Rudi Hartono (bintang bulu tangkis tahun 1970-an) biasa ketinggalan 14-1, tapi tetap santai dan mampu mengejar angka kemenangan karena fisiknya bugar.”

Timnas U-19 memastikan diri masuk ke Piala Asia U-19. Keberhasilan mereka semakin gemilang lantaran satu dari lawan mereka di penyisihan adalah Korea Selatan, juara bertahan dalam kejuaraan ini. (***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *