Tak Serahkan Rekening Pribadi, Caleg Gugur

Oleh Tgl: October 19, 2013
kpu

TALANG EMPAT – Panwaslu Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mengimbau setiap calon anggota legislatif membuat pembukuan dana kampanye serta menyerahkannya ke KPU Benteng. Meskipun saat ini setiap partai politik telah menyerahkan rekening dana kampanye ke KPU.

“Bagi caleg yang tidak membuat pembukuan dana kampanye (rekening pribadi), akan diberikan sanksi hingga pembatalan sebagai peserta pemilu, jika tidak memberikan laporan awal dana kampanye dan rekening khusus kepada KPU,” ujar Ketua Panwaslu Benteng, Meji Kasanova.

Meji mengatakan, memang saat ini pihaknya sudah menerima rekening parpol. Namun pihaknya juga minta masing-masing caleg untuk menyerahkan pembukuan dana kampanye (rekening pribadi) sebelum pelaksanaan kampanye dimulai. “Sejauh ini belum ada caleg yang menyerahkan rekening pribadi untuk kampanye. kita tunggu saja,”tegas Meji.

Dikatakannya rekeniing pribadi caleg itu sengaja dilampirkan sebelum pelaksanaan kampanye nantinya juga setelah pelaksanaan kampanye juga rekening pribadi tersebut akan dicek.

“Hal itu sebagai upaya untuk mengantisifasi adanya dana kampanye yang melebihi batas yang telah ditentukan,” ungkapnya.
Lebih lanjut dikatakannya, caleg berkewajiban melaporkan dana kampanyenya ke partai politik yang akan ditembuskan ke KPU.

Bedanya, besaran dana kampanye caleg tidak dibatasi selama itu uang sendiri bukan sumbangan dari perorangan maupun perusahaan.
“Kami berharap caleg memahami regulasi pemilu ini agar di kemudian hari tidak tersangkut kasus pidana,” demikian Meji. (Zal)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *