PKPU No 15 “Mandul”

Oleh Tgl: October 12, 2013
parpol dan kpu

TABA PENANJUNG – Meskipun PKPU No 15 tahun 2013, tentang terubahan atas PKPU No 01 tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Umum anggota DPR,DPD dan DPRD, mulai efektif diberlakukan Sabtu (28/9) lalu. Namun hingga Jum’at (11/10), masih banyak terlihat  atribut partai politik (Parpol) berupa bendera partai yang hingga saat ini masih tetap berkibar disepanjang jalan Bengkulu Tengah (Benteng).

Kondisi ini tentu menjadi pertanyaan dan penilaian yang mulai bermunculan baik itu di tengah-tengah masyarakat biasa maupun dikalangan Partai Politik (Parpol), terkait penerapan Peraturan KPU Nomor 15 tahun 2013.

“Bahkan ada sebagian masyarakat berasumsi jika penerapan PKPU terbaru ini mandeg alias mandul, khususnya di wilayah pemilihan Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng),” ujar Junai, salah seorang warga Taba Penanjung.

Menurut Junai, bagaimana tidak, sudah sejak 28 September lalu PKPU Nomor 15 ini berlaku. Namun hingga kini realita di lapangan, belum ada tindakan tegas terhadap Parpol yang melakukan pelanggaran. Karena atribut Parpol masih berkibar lebih dari satu titik di satu desa atau kelurahan.

“Atribut Parpol inikan bukan hanya baliho caleg atau partai, tapi juga bendera partai. Namun hingga sekarang khususnya bendera partai dari masing-masing Parpol masih terpasang disejumlah titik. Jika tidak percaya, lihat saja disepanjang Kecamatan Taba Penanjung pasti ditemukan bendera partai berserakan” jelas Junai

Ditambahkan, tindakan dari Panwaslu Benteng dalam mengawasi PKPU Nomor 15 tahun 2013 hingga saat ini belum terlihat. Pernyataan tersebut bukan tanpa sebab, karena meskipun zona kampanye telah ditetapkan Pemkab Benteng dan sudah disosialisasikan KPU ke Parpol. Namun tindakan penertiban belum juga dilakukan.
Bahkan terkesan PKPU Nomor 15 mandul yang mengakibatkan atribut parpol berserakan akibat dipasang di luar zona atau titik kampanye yang ditentukan.
“Zona atau titik kampanyekan sudah ditetapkan, tapi kenapa masih ada bendera atau baliho yang terpasang di luar zona kampanye yang ditentukan. Dengan kondisi seperti ini wajar dong kita menilai jika PKPU nomor 15 mandul atau mandeg,” ungkap Junai.(Zal)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *