Peminat Jabatan BPD Desa Pasar Pedati Membludak

Oleh Tgl: October 21, 2013
bengkulu tengah

PONDOK KELAPA – Entah ada kaitannya dengan rencana penganggaran dana desa langsung melalui APBN pada tahun 2014 atau tidak,  peminat menjadi anggota Badan Pemberdayaan Desa (BPD) Desa Pasar Pedati Kecamatan Pondok Kelapa diikuti oleh 20 orang calon.

“Dalam pemilihan anggota BPD kali ini, merupakan yang terbanyak dari sebelumnya,” ujar Kades Pasar Pedati, Rohaya.

Rohaya  juga mengatakan, pemilihan anggota BPD di desanya terdapat 90 pemilih termasuk 20 orang calon anggota BPD. Dengan jumlah 10 surat suara cadangan dari 100 surat suara yang disediakan.

“Setiap RT kita ambil 5 orang pemilih. Dengan 14 RT yang ada di desa kami, jumlah keseluruhan pemilih dari masyarakat sebanyak 70 orang. Sedangkan 20 orang pemilih lainnya dilakukan oleh masing-masing calon BPD,” ungkap Rohaya.

Diterangkannya, dari 5 orang pemilih yang ditetapkan dari masing-masing RT merupakan tokoh wanita, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta salah satu petugas masjid.

Pemilihan pemilih BPD ini ditetapkan melalui kesepakan perangkat desa dan calon BPD sendiri, guna menghindari kecemburuan sosial baik dari calon anggota BPD maupun masyarakat,” jelasnya.

Ditambahkan Rohaya, pelaksanaan pemilihan BPD di desanya sebagian menggunakan dana kas desa serta dibebankan kepada masing-masing calon anggota BPD. Dengan sebesar Rp 300 ribu untuk masing-masing calon.

“Untuk jumlah anggaran pelaksanaan pemilihan BPD berkisar Rp 6 juta. Dengan pembuatan kotak suara serta surat suara dicetak sendiri menggunakan peralatan yang ada di kantor desa. Pelaksanaan pemilihan BPD ini dilaksanakan dengan melibatkan aparat desa dan anggota BPD lama, disaksikan camat, TNI serta tokoh masyarakat,” demikian Rohaya.

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *