Pelindo Keluhkan Akses Jalan ke Pelabuhan

Oleh Tgl: October 17, 2013
Pelindo-1

BENGKULU  – Otoritas pelabuhan di Bengkulu, PT Pelindo mengharapkan agar pemerintah daerah mempercepat pembangunan infrastruktur yang mendukung kegiatan pelabuhan, seperti pelebaran ruas jalan yang menuju pelabuhan Pulau Baai.

Manajer operasional Pelindo  wilayah Bengkul, Santoso mengungkapkan, ruas jalan di provinsi Bengkulu, khususnya di Kota Bengkulu sudah tidak proporsional lagi untuk mobilitas kendaraan berat pengangkut kontainer.

Lebar jalan yang ada, lanjutnya, kurang memadai untuk mobilitas kontainer. Disamping sempit dan bergelombang, jalanan Kota Bengkulu sudah terlalu padat.  Perlu dipikirkan untuk segera memperlebar atau membuat jalur khusus.

Sementara Pelindo sendiri, kata Santoso, terus mengembangkan infrastruktur pelabuhan agar  pelaku bisnis merasa nyaman melakukan kegiatan usaha, seperti  menambah confeyor  di dermaga Pelindo khusus pengangkut batu bara.

Dari sisi keamanan, kata Santoso, Pelindo secara berkala melakukan pengerukan guna mempertahankan kedalaman alur  masuk pelabuhan pada kisaran 13 meter  – 14 meter.  “Ini sudah menjadi ketetapan internasional agar mengutamakan keselamatan kapal,” ujarnya kemarin.

Santoso menambahkan perkembangan ekonomi di Bengkulu dalam beberapa tahun terakhir ini terus meningkat, hal itu ditandai dengan banyaknya jumlah kapal yang sandar di pelabuhan peti kemas.  Dia menyebutkan setidaknya ada  tujuh sampai delapan kapal per hari sandar di pelabuhan melakukan aktivitas bongkar muat. (***)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *