Pelabuhan Pulau Baai, Masa Depan Bengkulu

Oleh Tgl: October 17, 2013
pelabuhan-pulau baai-bengkulu

BENGKULU – Wakil Gubernur  Sultan B Najamudin mengaku takjub tatkala memandang pelabuhan Pulau Baai. Dalam pikirannya, melihat pelabuhan seperti melihat masa depan Bengkulu.

Sebab, kata dia, ke depan Pelabuhan Pulau Bai segera berubah menjadi pelabuhan bertaraf internasional.
Sejalan dengan pembangunan rel kereta yang menghubungkan Provinsi Bengkulu dengan Muara Enim Sumatera Selatan, kata Wagub, perkembangan pelabuhan juga akan pesat.

Untuk itu, dia berharap,  Pelindo sebagai otoritas pengelolaan pelabuhan ikut berbenah guna mendorong investasi di Bengkulu.

Investasi yang bakal dibenamkan untuk membangun rel kereta tersebut, lanjut Wagub,  mencapai puluhan triliun rupiah, namun muara dari pembangunan infrastruktur  tersebut adalah Pelabuhan Baai. Di tempat inilah, kegiatan ekonomi berskala internasional berkembang.

“Jadi menjadi keharusan, kita memiliki pelabuhan yang memadai agar laju pertumbuhan ekonomi tidak terhalang masalah infrastruktur,” ungkap Wagub kemarin.

Wagub menambahkan guna mengantisipasi perkembangan tersebut, pemerintah daerah  akan mempercepat rencana pembangunan jalan di Kota Bengkulu, terutama akses  yang menuju pelabuhan.

Sebagai pimpinan daerah yang mengemban amanah rakyat, tambah Wagub, pihaknya berfikir bagaimana pembangunan dapat mensejahterakan masyarakat. “Kita sudah diberi banyak rejeki oleh Allah, tinggal bagaimana pertanggujawaban kita terhadap kepada-Nya,”jelasnya.

Pembangunan rel kereta api Bengkulu-Muara Enim Sumatra Selatan sepanjang 230 kilometer itu diprakarsai oleh PT Mandala Resources Indonesia dengan PT Samsung C & T Corporation dan PT Dohwa Engineering.

Tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman tersebut adalah penelitian dan desain pembangunan rel kereta api dan pengembangan pelabuhan Pulau Baai. (***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *