PBB-P2 Mulai Diterapkan Tahun 2014

Oleh Tgl: October 19, 2013
pbb

KARANG TINGGI – DP2KAD Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) melalui Bidang Pajak Bumi dan Bangunan akan melaunching pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan, Perkotaan dan Perdesaan (PBB-P2) 28 Oktober 2013 mendatang. Launching ini bertujuan mensosialisasikan Benteng sudah siap melayani transaksi masyarakat secara langsung. Dengan difasilitasi sistem pajak yang lengkap dan berbagai sarana pendukung.

Sekretaris Kabupaten Benteng Darmawan Yakoeb mengatakan, saat dirinya mengecek ruang sistem PBB di baseman Setkab Benteng belum lama ini mengaku sarana sudah siap untuk melayani pembayaran PBB-P2.

“Selain sarana yang telah disiapkan, panitia juga telah siap untuk pelaksanaan lauching yang tinggal beberapa hari lagi kedepan dilaksanakan,” ujar Darmawan.

Dikatakannya, untuk mendukung pelayanan PBB-P2, bidang PBB DP2KAD mendapatkan hibah seperangkat High Speed Printer (HSP) 1 unit, dari Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan RI.

“Satu Januari 2014 nanti, pelayanan efektif PBB-P2 mulai efektif dilaksanakan,” ungkapnya.

Selain HSP sebagai perangkat yang bisa mempercepat proses cetak atau transaksi pelayanan PBB-P2 Benteng. HSP juga terhubung dengan perangkat Sistem Informasi dan Manajemen Objek Pajak (SISMIOP) akan dialihkan ke DP2KAD tahun ini. Dengan penggunaannya tetap menunggu tahun anggaran baru.

“HSP mengandalkan perangkat SISMIOP langsung cetak. Karena tahun ini tanggung, ya kita diupayakan 2014 mendatang sudah bisa dimulai,” terangnya.

Ditambahkannya, tim informasi dan teknologi DP2KAD Benteng sudah mempelajari sistem pada SISMIOP hingga output HSP. Melakukan intensifikasi serta ekstensifikasi obyek pajak PBB. Baik itu subyek maupun obyeknya, sehingga semua sumber penerimaan pajak segera diklasifikasi dengan penerimaan di Benteng.

“Pemberlakuan pengalihan PBB sendiri sejalan dengan mulai diberlakukannya UU No 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Dimana pengelolaan PBB-P2 dikelola pemerintah pusat sepenuhnya ke daerah,” pungkasnya. (Zal)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *