Parpol Bebas Pasang Atribut Kepartaian

Oleh Tgl: October 7, 2013
PARTAI-PESERTA-PEMILU-2014-resize

TALANG EMPAT – Partai Politik (Parpol) peserta pemilu legeslatif 2104, bisa bebas memasang atribut kepartaianya di dalam Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Hal ini  menurut  Ketua KPU Benteng Asmara Wijaya ST melalui Divisi Sosialisasi Drs Bj Karneli, dikarenakan hingga Senin (7/10) sore kemarin, pihaknya belum juga menerima penetapan zona kampenye dari Pemkab Benteng.

“Jika sampai Selasa (8/10) kami belum menerima penetapan zona kampanye dari Pemkab Benteng, maka dapat dipastikan Parpol akan bebas memasang atribut kepartaiannya,” ujar Karneli.

Karneli juga mengatakan, dalam sosialisasi PKPU No 15 tahun 2013 yang baru dapat dilaksanakan KPU Benteng Selasa (8/10), di Hotel Tahura. Selain akan menjelaskan tetang isi peraturan KPU terbaru itu, pihaknya juga akan mensosialisasikan zona kampenye tersebut.

“Jika hingga siang Selasa (8/10) Pemkab Benteng belum juga menyerahkan zona atau wilayah kampenye, maka kami tak dapat mensosialisasikannya kepada Parpol dan parpol akan bebas memasang atribut partainya,” ungkapnya.

Namun begitu lanjut Karneli, bebas dalam pemasangan atribut bukan berarti PKPU Nomor 15 tahun 2013 tidak diterapkan. Karena masing-masing Parpol tetap harus melakukan pemesangan atribut partai di satu desa/kelurahan untuk satu atribut.

“Hanya saja karena penetapan zona kampenye tidak ada, maka masing-masing Parpol bisa memilih kawasan yang dinginkan dalam satu desa untuk dipasangi satu atribut partai,” lanjutnya.

Ditambahkannya, dalam hal  yang menetapkan zona kampenye adalah Pemkab selaku pemilik daerah. Namun karena zona kampanye tidak ditetapkan, maka Pemkab pun tidak bisa melarang ketika Parpol memasang atribut partai di kawasan yang mereka inginkan.

“Dalam hal ini, Parpol sama sekali tidak melakukan kesalahan, lain halnya jika zona kempanye telah ditetapkan, tapi Parpol masih memasang atribut di luar zona yang ditetapkan,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakannya, meskipun tidak ada penetapan zona kampenye, tetapi Parpol masih tetap dilarang melakukan pemasangan atribut partai di kawasan diantaranya, gedung pemerintahan, jalur arus listrik, tempat ibadah serta lingkungan sekolah. Karena aturan tidak boleh dilakukan pemasangan  atribut partai di kawasan-kawasan tersebut sudah diatur sebelumnya di PKPU.





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *