Nelayan Malabero Cuti Melaut, Pilih Njalo

Oleh Tgl: October 21, 2013
nelayan malabero

BENGKULU  – Cuaca ekstrim yang menghantam Kota Bengkulu beberapa hari terakhir mendorong sebagian nelayan di Pantai Malabero Kota Bengkulu ”Cuti“ atau menghentikan aktifitasnya untuk melaut. Sebagai penggantinya, nelayan lebih memilih ”njalo“ atau mencari ikan menggunakan jaring di pinggiran pantai.

”Angin kencang nian, jadi idak ke laut dulu, biasonyo subuh tadi la berangkat,“ kata Ivan, salah satu nelayan Pantai Malabro yang dikonfirmasi jurnalis bengkuluonline.com, Senin Pagi, 21 Oktober 2013.

Tapi menurut Ivan, tidak ke laut bukan berarti tidak mencari ikan karena ikan lah yang menghidupi dia dan keluarganya. Untuk itu Ivan tetap mencari ikan kecil di pinggiran pantai dengan menggunakan jaring.

”Kalo dak dapat ikan, dakdo penghasilan kami, jadi untuk hari iko kami njalo dulu,” terang Ivan.

Meskipun hasil njalo yang didapat tidak sebanding dengan hasil pada saat melaut, bahkan tidak dapat dijual lantaran hasilnya yang sedikit. Namun bagi Ivan, yang terpenting bisa memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Bengkulu Online, meski kondisi angin cukup rawan tapi masih ada juga beberapa nelayan yang diinformasikan tetap melaut. (gUE)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *