Di Bengkulu Anak Umur 10 – 14 Tahun Sudah Menikah

Oleh Tgl: October 25, 2013
nikah dini

BENGKULU – Anggota Komisi IX DPR RI Dr. Dian A. Syakhroza, tengah gencar-gencarnya mensosialisasikan program pendewasaan usia perkawinan (PUP), khususnya di Provinsi Bengkulu. Karena tingkat pernikahan dini yang terus bertambah di Bengkulu menjadi kekhawatiran tersendiri bagi Dr. Dian.

Bagaimana tidak, data diperoleh, sampai saat ini sebanyak 0,11 persen anak usia 10-14 tahun telah melangsungkan pernikahan. Bahkan pada remaja kelompok usia 15-19 tahun, pernikahan dini terjadi sebanyak 7,83 persen.

Karenanya Dr. Dian menganggap penting program ini, remaja dapat merencanakan menunda usia perkawinannya dengan terlebih dahulu merencanakan masa depan yang lebih baik.

PUP memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran remaja dan pengelola program KRR tentang hak-hak reproduksi pada remaja serta perlunya PUP dalam rangka mewujudkan ”Tegar Remaja Menuju Tegar Keluarga“.

Selanjutnya Dr. Dian berharap, remaja Indonesia khususnya remaja Bengkulu dapat ikut serta dalam program PUP.

”Yang tentunya akan kami kawal secara berkesinambungan mengenai program PUP ini. Sehingga dapat menelurkan rekomendasi-rekomendasi serta undang-undang pernikahan yang disesuaikan dengan program PUP ini,“ kata Dr. Dian kepada Jurnalis bengkuluonline.com, Jumat, 25 Oktober 2013. (gUE)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *