Marzuki Alie Diperiksa KPK Soal Konggres Demokrat

Oleh Tgl: October 22, 2013
marzuki ali

JAKARTA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie selesai diperiksa di Komisi Pemberantasan Korupsi sekitar pukul 11.40 WIB. Ia mengaku dicecar penyidik ihwal proses kegiatan dan duit dalam kongres Demokrat di Bandung pada 2010.

“Saya hanya ditanya satu hal soal kongres Partai Demokrat. Kemudian ditanyakan bagaimana aliran dana kongres,” kata Marzuki di halaman kantor gedung KPK, Selasa, 22 Oktober 2013.

Politikus Demokrat itu mengatakan kepada penyidik KPK bahwa ia tidak tahu ihwal proses kongres. “Saat kongres berlangsung, saya sudah lebih dulu mundur sebagai Sekretaris Jenderal Demokrat sehingga tidak mengerti bagaimana kesiapan kongres,” ujar dia.

Ia juga menyatakan tidak tahu persis adanya aliran duit dalam kongres. “Saya tidak tahu apakah benar ada aliran dana atau tidak, tapi hanya mendengar kabar itu,” ujarnya. “Suara-suara saja, dan saya tidak punya minat untuk mengetahuinya karena saya memang bukan ahlinya.”

Marzuki diperiksa sebagai saksi untuk mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum. Anas disangka menerima gratifikasi dalam proyek gedung olahraga di Bukit Hambalang, Bogor. Ia dituduh ikut berperan meloloskan PT Adhi Karya, kontraktor proyek, memenangi Hambalang. Bahkan diduga ikut mendorong peningkatan anggaran proyek hingga Rp 1,2 triliun.

Belakangan, KPK juga mengusut duit-duit yang digunakan Anas menggalang dukungan dalam kongres Demokrat di Bandung pada 2010. KPK menduga duit tersebut berasal dari suap sejumlah proyek, termasuk Hambalang. Marzuki Alie adalah rival Anas dalam kongres Demokrat itu. (***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *