KPU Setuju Caleg Harus Bebas Narkoba

Oleh Tgl: October 18, 2013
bnn

BENGKULU – Usulan Badan Narkotika Nasional (BNN) agar dilibatkan dalam melakukan pemeriksaan guna memastikan caleg benar-benar tidak terlibat penggunaan narkoba disambut positif Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra, S.Ag, MM.

Dikatakan, secara subtansi masukan tersebut merupakan hal yang positif. Akan tetapi, katanya, tercapainya sebuah kesepakatan mengenai hal ini tidak bisa bersifat lokal. Artinya, KPU daerah tidak memiliki kewenangan untuk menyetujui usulan BNN. Kesepakatan harus terjadi di tingkatan pusat antara KPU RI dan BNN pusat.

“MoU harus terjadi anara BNN pusat dan KPU RI, MoU tidak bisa lokal, substansinya masukan tersebut sangat positif, tapi itu rananya KPU RI,” kata Irwan saat dikonfirmasi jurnalis bengkuluonline.com.

Sebagai saran, lanjutnya, KPU Provinsi Bengkulu akan menyampaikannya pada forum-forum nasional dengan KPU RI. Selain itu, Irwan menegaskan, apabila terjadi kesepakatan antar keduanya harus diikuti payung hukum yang kuat.

Sebelumnya, BNN selaku lembaga yang memiliki akuntabilitas soal pemeriksaan narkoba. BNN memandang perlu melibatkan lembaganya guna memastikan caleg peserta pemilu 2014 mendatang tidak positif menggunakan narkoba. Apabila BNN tidak dilibatkan, BNN khawatir terjadi kongkalikong dalam proses pemeriksaan. (gUE)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *