KPK Tahan 2 Wakil Ketua DPRD Seluma, Jon Bule Dan Muchlis

Oleh Tgl: October 25, 2013
kpk.

BENGKULU – Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Seluma Jonaidi Syahri, S.Sos, MM (Jon Bule) dan Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Seluma Ir. H. Muchlis Thohir akhirnya resmi ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat, 25 Oktober 2013.

Keduanya menyusul penahanan yang sudah dilakukan terhadap mantan Ketua DPRD Kabupaten Seluma Drs. Zaryana Rait dan satu mantan anggota DPRD Kabupaten Seluma Pirin Wibisono. Kasus korupsi multi years ini sebelumnya menyeret mantan Bupati Kabupaten Seluma H. Murman Effendi, SH, MH.

Penyidik KPK melakukan penahanan keduanya untuk kepentingan penyelidikan. Keduanya ditahan untuk 20 hari ke depan terhitung mulai hari ini di dua rumah tahanan berbeda. Muchlis ditahan di Rumah Tahanan Negara Kelas I Salemba Jakarta Pusat. Sementara, Jon Bule ditahan di Rumah Tahanan Negara Kelas I Cipinang Jakarta Timur.

Sebelumnya, KPK telah menemukan bukti permulaan yang cukup untuk menetapkan Muchlis dan Jon Bule sebagai tersangka. Keduanya diduga telah menerima hadiah atau janji, padahal diketahui atau patut diduga bahwa hadiah tersebut diberikan sebagai akibat atau disebabkan karena telah melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya yang bertentangan dengan kewajibannya.

Terkait dengan pelaksanaan pembuatan rancangan peraturan daerah dan pelaksanaan peraturan daerah. Mengenai pengikatan dana anggaran pembangunan infrastruktur peningkatan jalan dengan konstruksi hotmix dan jembatan melalui pelaksanaan pekerjaan tahun jamak untuk masa lima tahun anggaran.

Dalam kasus tersebut, Muchlis dan Jon Bule disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 5 ayat (2) dan/atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP jo. Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Sementara itu, Juru Bicara KPK Johan Budi, SP saat dikonfirmasi mengenai hal ini, sama sekali tidak menampiknya. ”Iya benar ada yang ditahan hari ini, untuk kepentingan penyelidikan,“ katanya. (gUE)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *