Khutbah Dani: Jauhkan Diri Dari Mental Binatang

Oleh Tgl: October 16, 2013
masjid raya

BENGKULU – Gubernur Bengkulu H. Junaidi Hamsyah dan Wakil Gubernur Bengkulu Sultan Bachtiar Najamudin beserta sejumlah pejabat daerah menunaikan shalat Idul Adha di Masjid Raya Baitul Izzah.

Mereka tampak khusuk menunaikan shalat dan serius mendengarkan khotbah yang disampaikan Khatib H.Dani Hamdani.

Dalam khutbahnya Dani memaparkan bahwa makna Kurban adalah mendekatkan atau menghampiri Allah SWT. Sehingga Orang yang berkurban harusw dekat dengan Allah SWT. Idul Adha sendiri adalah menyembelih hewan atau secara hakikat manusia harus menyembelih sifat-sifat hewani.

Untuk itu Dani mengajak seluruh umat muslim membuang sifat buruk dan sifat-sifat seperti hewan saat berkurban. “Sehingga dengan keadaan bersih dari sifat-sifat buruk, kita bisa lebih dekat dengan Allah,” ucap Dani.

Manusia jika tidak menggunakan akal maka seperti binatang ternak. Mental manusia bisa seperti anjing, tetapi manusia juga bisa diangkat derajatnya. “Mentalitas anjing, karena anjing itu sering terengah-engah. Sudah kaya masih maling, istrinya sudah cantik masih ngembat istri orang, itulah mental anjing,” ungkap Dani.

Ada juga mentalitas seperti monyet, lanjut Dani, tangannya megang, kakinya ikut megang pula. Sifat-sifat hewan ada pada manusia, jika mampu mengendalikan nafsu, maka akan dimuliakan oleh Allah SWT. “Al Qur’an memberikan peringatan kepada kita, jangan sampai terjatuh ke,dalam sifat-sifat binatang,” Dani mengingatkan.

Dengan mengalirkan darah kurban, kita mengeluarkan sifat-sifat buruk kita. Sifat jahat yang menjauhkan manusia dari Allah. Berkurban berarti mengikuti teladan dan semangat Nabi Ibrahim AS ketika mendapat perintah Allah untuk menyembelih anaknya, Ismail. “Hanya ketulusan dan keikhlasan yang bisa membuat seseorang menunaikan ibadah kurban,” tutup Dani.

Sementara itu, pelaksanaan shalat Idul Adha Selasa pagi (15/10) tidak mengalami kendala atau hambatan sedikitpun. Termasuk cuaca yang sangat cerah sehingga tidak mengganggu sebagian jamaah yang salat di luar bangunan masjid.(***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *