Kenaikan Gas Elpiji 12 Kg Tekan Inflasi Kota Bengkulu

Oleh Tgl: October 9, 2013
Gas-Elpiji-12kg1

BENGKULU – Kajian Ekonomi Regional Bank Bengkulu Kantor Bengkulu menyebutkan pada triwulan III 2013 diperkirakan pertumbuhan ekonomi bengkulu akan tumbuh membaik. Dari sisi sektoral, sektor pertanian diperkirakan akan tumbuh lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya seiring dengan berlangsungnya musim panen pada awal triwulan III 2013 dan membaiknya produksi lahan perkebunan.

Selain itu, sektor perdagangan, hotel dan restoran serta sektor jasa diperkirakan tumbuh lebih tinggi dibandingkan sektor lainnya. Dari sisi penggunaan, konsumsi akan menjadi pendorong utama pertumbuhan daerah meskipun terkendala tingginya tingkat inflasi. Kinerja ekspor regional maupun mancanegara diperkirakan akan memiliki kesempatan untuk mengalami perbaikan kinerja. Perekonomian Provinsi Bengkulu diperkirakan akan tumbuh pada kisaran 5,6-5,8% (yoy).

Dampak lanjutan dari kenaikan BBM subsidi serta peningkatan permintaan ditengah terkendalanya ketersediaan pasokan diperkirakan akan menekan pencapaian inflasi triwulan III 2013. Faktor risiko seperti rencana kenaikan gas elpiji 12 kg dan masuknya musim tanam pada akhir triwulan III 2013 dimungkinkan dapat memberi tekanan inflasi yang besar. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, inflasi Kota Bengkulu pada triwulan III 2013 diperkirakan akan tinggi yaitu berada pada kisaran 8,7±1% (yoy). (***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *