Kelelahan, Jamaah Haji Dirujuk Ke RSUD M Yunus

Oleh Tgl: October 26, 2013
jamaah haji sakit

BENGKULU – Padatnya rangkaian kegiatan ibadah yang dilakukan jamaah haji di tanah suci, tidak sedikit membuat jamaah haji Provinsi Bengkulu mengalami kelelahan fisik. Bahkan, satu orang jamaah haji, setibanya di Bandara Fatmawati Bengkulu langsung dirujuk menuju RSUD M. Yunus Bengkulu untuk mendapatkan perawatan intensif. Sementara beberapa jamaah haji lainnya dirawat tim kesehatan Embarkasi Antara Bengkulu.

Data terhimpun, Satri jamaah haji asal Kabupaten Bengkulu Tengah dirujuk ke RSUD M. Yunus guna mendapatkan perawatan intensif. Ada juga Yara Lestiana, jamaah haji asal Kota Bengkulu yang langsung dirawat tim kesehatan embarkasi lantaran mengalami kelelahan fisik. “Sepertinya capek, sebelum mendarat sudah mengeluh sakit,” kata Nur Said, suami Yara Lestiana.

Berikutnya, berdasarkan pantauan jurnalis bengkuluonline.com, setidaknya ada sekitar 4 jamaah haji lainnya yang ikut dirawat tim kesehatan embarkasi. Selain itu, ada juga jamaah haji yang menderita stroke dan batuk-batuk setibanya di asrama haji.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Bengkulu H. Junaidi Hamsyah, S.Ag, M.Pd mengatakan, jamaah haji yang sudah tiba di Bengkulu mendapatkan bekal buku kesehatan yang memberikan jaminan kesehatan kepada jamaah haji selama dua minggu ke depan. “Jadi jika nanti jamaah haji sepulangnya sakit, silahkan ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan pengobatan, buku kesehatan ini nanti juga pemerintah serahkan kepada puskesmas terdekat tersebut,” katanya.

Diketahui, memang pada saat menjalankan ibadah suci, jamaah haji dihadapkan pada aktifitas ibadah yang sangat padat. Seperti, selama 6-7 hari menjalankan rukun utama haji, jemaah harus menempuh perjalanan minimal 96 kilometer. Aktivitas itu, antara lain, tawaf (berjalan mengelilingi Kabah), sai (berlari kecil antara Bukit Safa dan Marwa), melontar jumrah hingga wukuf di Padang Arafah. Karenanya kelelahan fisik menyerang jamaah haji, belum lagi ditambah dengan banyak dan padatnya jamaah haji di Arab Saudi. (gUE)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *