Karang Taruna Jangan Terjebak Kegiatan Seremonial

Oleh Tgl: October 18, 2013
karang taruna

BENGKULU – Organisasi kepemudaan Indonesia, Karang Taruna idealnya merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab masyarakat. Khususnya generasi muda atau komunitas sosial sederajat yang terutama bergerak di bidang kesejahteraan sosial. Tapi belakangan ini, Karang Taruna hanya terlihat aktif pada saat mempersiapkan agenda peringatan proklamasi 17 Agustus atau pada saat akan menggelar even olahraga.

Realita ini menjadi perhatian tersendiri Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu Sultan Bachtiar Najamudin yang Jumat malam (18/10) dinobatkan sebagai Ketua Karang Taruna Provinsi Bengkulu. Sultan berharap, Karang Taruna tidak terjebak pada kegiatan seremonial belaka, seperti kegiatan 17-an atau turnamen olahraga. Karang Taruna harus berkembang menyentuh bidang lain dan mampu menghasilkan sebuah karya demi kemajuan Provinsi Bengkulu.

Sebagai organisasi sosial kepemudaan, lanjut Sultan, Karang Taruna seharusnya menjadi wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomis produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada.

“Saya masih muda, kawan-kawan karang taruna juga lebih muda, jadi kita masih punya banyak waktu untuk berbuat banyak bagi provinsi kita melalui Karang Taruna. Mari kita menciptakan sesuatu, menghasilkan karya agar orang-orang tidak bertanya mana karya pemuda Bengkulu,” ajak Sultan bersemangat. (gUE)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *