Inggris Tak Akan Menang Piala Dunia

Oleh Tgl: October 23, 2013
ferguson

JAKARTA – Mantan pelatih Manchester United (MU), Sir Alex Ferguson, menyatakan Inggris tidak akan memenangi Piala Dunia sampai dapat melahirkan pemain dengan teknik bermain seperti pemain Brasil. Otokritik itu disampaikan Ferguson dalam buku otobiografinya, sebagaimana dikutip situs BBC, Rabu, 23 Oktober 2013.

Ferguson juga menyebut Christiano Ronaldo merupakan pemain paling berbakat di dunia. Karena itulah, ia sangat kehilangan ketika pemain asal Portugal ini hengkang ke Real Madrid (Spanyol) pada 2009. Ferguson sampai menyatakan lebih baik “menembaknya (Ronaldo)” daripada menjualnya ke Real Madrid.

Dalam bukunya itu, Ferguson juga bercerita tentang gelandang serang MU, Wayne Rooney. Menurut dia, Rooney kehilangan arah pada akhir musim kompetisi Liga Premier lalu karena fisiknya kurang prima.

Selain itu, Ferguson juga menyinggung pelatih asal Spanyol, Rafael Benitez, sewaktu menjadi manajer Liverpool pada 2004-2010. Ferguson pada era itu terlibat sengketa dengan Benitez, karena, menurut dia, Benitez mengritik pribadinya. Liverpool merupakan saingan MU sejak dulu hingga sekarang.

Ferguson, 71 tahun, menjadi manajer MU pada November 1986 dan mundur pada 8 Mei lalu. Selama 26 tahun memimpin MU, ia mengantar klub berjuluk Setan Merah ini merebut 38 trofi juara, termasuk 13 kali juara Liga Inggris dan 2 kali juara antarklub Eropa.(***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *