Hatta Radjasa Sulit Jadi Capres

Oleh Tgl: October 24, 2013
hatta radjasa

JAKARTA – Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amant Nasional (PAN) Amien Rais mengatakan, partainya kemungkinan tidak bisa mengusung calon presiden periode 2014-2019. Sebab, Amien khawatir partainya tidak mampu merebut suara 20 persen pada pemilihan umum (pemilu) legislatif 2014 nanti. “Capres berat. Membayangkan 20 persen itu sulit,” ujarnya di Padang, Rabu, 23 Oktober 2013.

Menurut Amien, pada 2014 nanti, tak akan terlalu banyak calon presiden. Kemungkinan tiga pasang. Sebab, partai besar saat ini ada tiga, yaitu Partai Demokrat, Partai Golkar dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). “Yang bisa nyalonin, partai dengan 20 persen,” ujarnya. Akan tetapi, Amien masih melihat ada peluang partainya bisa mendapatkan angka dua digit.

Namun, hingga saat ini belum bisa ditebak. Sebab, hanya Golkar yang sudah memastikan calon presiden yang diusungnya. “Demokrat belum keluarkan kartunya. PDI-P masih teka-teki,” ujarnya.

Sementara, beberapa tokoh-tokoh yang digadang-gadangkan masuk bursa masih misterius. Seperti, Mahfud Md., Hatta Rajasa, dan Dahlan Iskan yang saat ini ikut konvensi Demokrat. Amien mengatakan, partai menengah bisa ikut mengusung capres jika  melampaui partai-partai besar. “Paling-paling maksimal ada empat capres,” ujarnya.

Untuk pencalonan Hatta Rajasa, Amien mengaku, berat untuk masuk dalam bursa calon presiden. “Tapi untuk cawapres masih besar peluangnya. Pak Hatta tetap jago kita untuk saat ini,” ujarnya.(***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *