Gubernur Tinjau Kawasan Irigasi Semidang Alas

Oleh Tgl: October 19, 2013
Gubernur Bengkulu disambut antusias oleh warga saat mengunjungi saluran irigasi Semidang Alas, Jumat (18/10). Doni/bengkuluonline.com

Akhir tahun ini saya minta proyek segera diselesaikan dan sawah petani dapat diaktifkan kembali

H. Junaidi Hamsyah, S.Ag, M.Pd

SELUMA, bengkuluonline.com – Tak perlu menunggu lama, usai mendapatkan laporan areal persawahan warga terancam lantaran saluran irigasi mengalami kerusakan. Gubernur Provinsi Bengkulu H. Junaidi Hamsyah, S.Ag, M.Pd bergegas menggelar sidak guna meninjau secara langsung kebenaran informasi tersebut. Jumat pagi (18/10), tepat pukul 07.30 WIB gubernur beserta rombongan berangkat menuju Desa Pajar Bulan Kecamatan Semidang Alas (SA) Kabupaten Seluma.

Sesampainya di lokasi, gubernur melihat langsung kondisi saluran irigasi yang rusak akibat tanah longsor yang kemudian menutupi irigasi di Pajar Bulan. Bahkan kondisi ini sudah berlangsung sejak satu tahun terakhir. Untuk itu, gubernur menegaskan agar proyek pembangunan dan perbaikan infrastruktur saluran irigasi dengan nilai Rp 6,7 miliar yang saat ini tengah berlangsung dapat segera diselesaikan secepatnya.

“Akhir tahun ini saya minta proyek segera diselesaikan dan sawah petani dapat diaktifkan kembali,” kata Gubernur.

Mengenai hal ini, Gubernur Bengkulu didampingi Kepala Balai Wilayah Sumatera 7 mengatakan, sedang mempersiapkan saluran irigasi primer sepanjang 112 meter dan sekunder dengan panjang 6374 meter. Kemudian drainase 13894 meter, rehabilitasi jalan inspeksi dan pengangkatan sedimen di saluran irigasi. Lalu juga ada konstruksi air yang dimasukin ke dalam box.

Sementara itu, potensi irigasi melalui Aiak atau air (Sungai, red)) Alas Kiri sejauh ini baru terbuka sekitar 2400 hektare sedangkan Air Alas Kanan belum bisa dibuka lantaran baru akan direview 2014 mendatang. Artinya, ada kemungkinan pembangunan fisik untuk membuka potensi irigasi di Air Alas Kanan pada tahun 2015 mendatang. Hal ini ditargetkan berbarengan untuk peningkatan infrastruktur di Air Alas Kiri yang sejauh ini diakui masih dikatakan minim. Tahun 2014 juga akan direview dan 2015 realisasi peningkatan infrastruktur.

“Dengan demikian dalam 2 sampai 3 tahun ke depan, kedua saluran irigasi, baik melalui Air Alas Kiri ataupun kanan bida dioptimalkan,” ungkap Gubernur optimis.

Program ketahanan pangan di Provinsi Bengkulu merupakan salah satu program yang menjadi skala prioritas gubernur. Karenanya, gubernur tetap menjaga konsistensinya dalam meningkatkan sarana dan prasarana pendukung pertanian supaya program ketahanan pangan pemerintah provinsi dapat terwujud. Selama ini gubernur juga terus mensosialisasikan program pemanfaatn lahan pekarangan di rumah warga. (gUE)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *