Dukcapil Bengkulu Tengah, Terbitkan 200 Akta Kelahiran bin Ibu

Oleh Tgl: October 5, 2013
akte-kelahiran

TALANG EMPAT –  Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil)Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), dalam tahun 2013 ini  telah menerbitkan 200 akta kelahiran bagi anak dengan kepala keluarga ibunya atau bin ibu.

Menurut Kadis Dukcapil Benteng , Drs A Ahmadi Hamzah, hal itu dilakukan karena saat pembuatan akta kelahiran bagi anak yang baru dilahirkan tersebut, orang tua sang anak tidak bisa menunjukkan bukti nikah atau buku nikahnya.

“Dengan demikian, maka akta kelahiran bin ibu-lah yang diterbitkan,” ujar Ahmadi.

Ahmadi juga mengatakan, hal itu tidak bersifat permanen. Karen jika nantinya orang tuanya dapat menunjukkan bukti nikahnya, maka akan ditambah dengan bin ayah. Hal itu dilakukan sebagai upaya agar setiap bayi yang dilahirkan memiliki haknya untuk mendapatkan akta kelahiran , yang nantinya akan sangat berguna.

“Dalam tahun 2013 ini, kita sudah menerbitkan sebnayak 200 akta kelahiran bin ibu. Hal itu tidaklah menyalahi aturan , karena saaat diminta untuk melampirkan bukti nikah yang bersangkutan tidak bisa menunjukkannya,” jelas Ahmadi.

Lebih lanjut dikatakannya, dari 200 akta kelahiran bin ibu yang telah diterbitkan tersebut. Nantinya juga dapat dipergunakan akta kelahiran itu untuk masuk sekolah. Pemerintah telah mempermudah bidang administrasi, yang bertujuan agar setiap anak manusia yang dilahirkan memiliki hak serta tanggungjawab yang sama.

“Dengan begitu, bukan berarti jika akta kelahiran bin ibu tersebut tidak memiliki ayah. Mungkin saja buku nikahnya hilang, atau mungkin bukti kuat yang menunjukkan anak tersebut belum diurus meskipun sudah menikah,” tutup Ahmadi.





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *