Benteng Perluas Ladang Kedelai

Oleh Tgl: October 18, 2013
kedelai

KARANG TINGGI – Kepala Desa Renah Semanek Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), M. Halis mengungkapkan, lahan ladang kacang kedelai di desa setempat akan diperluas.

Dikatakan Halis, rencana perluasan lahan kacang kedelai tersebut disampaikan pihak Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu beberapa waktu lalu.

Perluasan menjadi penting mengingat kacang kedelai menjadi komoditi potensial serta menjadi bahan baku pembuatan banyak makanan terutama tempe dengan harga penjualan kacang kedelai sendiri kian melambung.

“Rencananya lahan ladang kacang kedelai akan diperluas, tapi sejauh ini berapa banyak tambahan lahan secara detail belum saya ketahui. Karena rencana ini baru disampaikan pihak dari Dinas Pertanian Provinsi secara lisan,” kata Halis.

Dia menambahkan, luas kacang kedelai di Desa Renah Semanek pada masa tanam pertengahan tahun lalu mencapai 25 hektar. Dengan total dana jika diuangkan mencapai Rp 80 juta dan itu disalurkan melalui Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu.

Dengan lahan ladang kacang kedelai disediakan oleh kelompok tani di Desa Renah Semanek. Karena Dinas Pertanian hanya bisa menyediakan bantuan dana dan bibit kedelai.

“Dari pertanian provinsi bukan hanya menyediakan bantuan berbentuk uang tapi juga dalam bentuk bibit kedelai. Sehingga kelompok tani tugasnya hanya menggarap lahan dan merawat tanaman kedelai hingga panen. Karena dana yang disalurkan diperuntukan juga untuk perawatan kedelai hingga menghasilkan,” tambahnya.

Menurutnya, hasil panen kacang kedelai belum bisa dijumlahkan secara keseluruhan. Karena masih ada kacang kedelai yang belum selesai dipanen. Terkait masa penenanam kedelai yang tidak serentak. Sudah ada yang panen dan ada juga yang belum karena ditanamnya tidak serentak. Karena itu hasil panen keseluruhan belum diketahui dan belum berani untuk menerka-nerka berapa jumlah panen keseluruhan nantinya. (***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *