Bengkulu Tengah Segera Bangun 2 Pasar Induk

Oleh Tgl: October 8, 2013
pasar bengkulu

TALANG EMPAT – Harapan masyarakat Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) untuk memiliki pasar induk segera terwujud, Rencananya Pemda Benteng melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM akan membangun 2 unit pasar induk dalam waktu dekat ini.

“Rencananya pasar itu akan dibangun di kawasan jalan lintas Kepahiang-Bengkulu dan di kawasan Pondok Kelapa,” ujar Kadisperindagkop & UMKM H Amirul SH,MH.

Untuk membangun pasar induk itu dibutuhkan lahan sedikitnya 10 hektar untuk masing-masing titik,

“Lahan saat ini masih kami survey, kami membutuhkan lahan startegis dan dekat dengan pemukiman. Sebab itu untuk menampung orang banyak dalam kegiatan ekonomi jual beli,” jelas Amirul.

Di tambahkannya, kebaradaan pasar induk itu selain memancing para investor untuk menananamkan modalnya di Benteng, hal itu juga untuk meningkatkan PAD sekaligus meningkatkan kesejahteraan warga. Sebab dengan adanya pasar maka perputaran dan peredaran uang tidak akan lagi lari dari Benteng. Sehingga secara tidak langsung juga meningkatkan derajat kesejahteraan warga sekitar.

“Akan banyak manfaat jika kita memiliki pasar induk, pasar pekan yang kita miliki saat ini rata-rata pedagangnya merupakan pedagang dari luar. Akibatnya uang hasil transaksi jual beli di pasar itu akan dibawa ke luar Benteng. Namun jika kita memiliki pasar induk maka ceritanya akan lain,” ungkapnya.

Manfaat lain dengan adanya pasar induk itu adalah akan banyak pilihan pekerjaan alternatif bagi warga. Salah satunya menjadi pedagang dan memanfaatkan lahan pekarangan untuk parkir atau jasa angkutan.

“Mudah-mudahan segera dapat dan segera bisa kita realisasikan pembangunan pasar induk ini karena sudah pada tahap survey lapangan. Jika sudah aktif pastilah pasar induk ini juga akan menyumbang PAD cukup tinggi, sebab akan banyak retribusi yang dapat diberlakukan di pasar itu,” ujar Amirul. (***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *