“Baru Jadi Caleg Sudah Melawan”

Oleh Tgl: October 9, 2013
IMG_1057

BENGKULU – Pernyataan keras dilontarkan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Bengkulu Sugiharto saat menanggapi masih banyaknya pelanggaran yang dilakukan sejumlah partai politik beserta calegnya. “Belum duduk saja, caleg sudah melawan peraturan,” kata Sugiharto saat dikonfirmasi jurnalis bengkuluonline.com Rabu (9/10).

Sugiharto mengatakan pihaknya sejauh ini sudah melakukan sidak yang kemudian diakhiri dengan pemberian sanksi moral terhadap alat peraga kampanye seperti baliho parpol ataupun caleg yang dianggap melanggar Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2013 perubahan atas PKPU Nomor 1 Tahun 2013.

Namun langkah itu, kata dia, tidak membuat partai peserta pemilu dan caleg untuk segera menertibkannya. Mereka tetap saja tidak bergeming terhadap sanksi moral yang diberikan.

Dilatarbelakangi hal itulah, Sugiharto menjadi pesimis terhadap caleg yang belum terpilih, justru sudah melanggar peraturan. Ia berharap pemilu legislatif 2014 mendatang bukan menjadi pertarungan banyak-banyakan baliho, tapi pertarungan visi, misi serta konsepsi antar calon yang disampaikan secara langsung kepada masyarakat.

“Masyarakat sudah semakin cerdas, masyarakat ingin tahu visi serta misi calon wakil rakyatnya, bukan sejak awal sudah melanggar peraturan,” tutur Ketua Panwaslu Kota Bengkulu.

Sugiharto juga menolak adanya tudingan PKPU terbaru justru merugikan caleg karena merasa dibatasi untuk mensosialisasikan atau bahkan mengkampanyekan caleg tersebut. “Baik Panwaslu ataupun KPU tidak pernah sedikitpun membatasi caleg dan juga partai, justru PKPU terbaru hadir guna menciptakan iklim demokrasi menjadi lebih baik lagi, bukannya lebih bermanfaat langsung turun ke masyarakat dibandingkan harus berkampanye melalui baliho ataupun alat peraga lainnya,” papar Sugiharto. (cw2)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *