Akhirnya, Caleg Pun Dilarang Pasang Baliho Di Rumah

Oleh Tgl: October 5, 2013
Logo-KPU

BENGKULU – Jika sebelumnya, caleg diperbolehkan memasang alat peraga ataupun baliho di kediaman pribadinya. Sekarang, hal itu akhirnya juga tidak diperbolehkan. Setelah KPU RI mengeluarkan surat edaran mengenai penjelasan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2013.

Sebagaimana diungkapkan Ketua Panwaslu Kota Bengkulu Sugiharto. “Dulu memang diperbolehkan tapi sekarang tidak, jadi saya parpol dan caleg memahaminya dan segera menertibkan baliho dan alat peraga yang masih ada di rumah masing-masing,” kata Sugiharto.

Dilanjutkan, hal ini berdasarkan penerbitan surat edaran bernomor 664/KPU/IX/2013 tentang penjelasan penting terhadap pedoman pelaksanaan kampanye pemilu, yakni PKPU 15.

Sugiharto menginformasikan, pada poin ketujuh surat edaran tersebut, disebutkan alat peraga yang boleh dipsang di tempat pribadi hanya umbul-umbul dan bendera partai politik (parpol). “Jadi tidak boleh ada alat peraga dan baliho yang menampilkan figur caleg,” ungkapnya.

Alat peraga berupa spanduk dan baliho hanya dipasang di salah satu zona yang telah diatur menurut ketentuan PKPU 15. Untuk bendera dan umbul-umbul dapat dipasang di semua tempat yang telah ditetapkan. Termasuk dapat dipasang juga di kantor partai dan posko.

“Terkait penentuan zona, kita masih akan berkoordinasi dengan KPU kota dan Pemkot Bengkulu,” tandas Sugiharto. (cw2)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *