23 Kosmetika dan Obat Ilegal Beredar di Bengkulu

Oleh Tgl: October 25, 2013
kosmetika ilegal

BENGKULU – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Bengkulu baru saja menggelar operasi gabungan nasional terhadap makanan, obat dan kosmetik di Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Utara. Hasilnya, lagi BPOM menemukan peredaran makanan, obat dan kosmetik berbahaya.

Kepala BPOM Bengkulu Drs. Zulkifli, Apt mengatakan, operas yang dilakukan di pusat perbelanjaan Kota Bengkulu berhasil menemukan 24 item obat-obatan ilegal. Sedangkan di Kabupaten Bengkulu Utara, BPOM berhasil menemukan 31 item kosmetik ilegal yang mengandung zat berbahaya.

Operasi ini sendiri digelar dengan tujuan untuk melindungi masyarakat dari penggunaan obat, obat tradisional, kosmetik dan pangan yang tidak memenuhi persyaratan keamanan, manfaat dan mutu.

BPOM akan secara rutin dan berkesinambungan melakukan pengawasan peredaran obat, obat tradisional, kosmetik dan pangan. Termasuk kemungkinan penggunaan bahan berbahaya/bahan dilarang dalam kosmetik atau obat tradisional.

Meski demikian, BPOM mengimbau agar masyarakat lebih selektif mengkonsumsi obat, obat tradisional, kosmetik dan pangan. Supaya dampak berbahaya lantaran salam memilih tidak menjangkiti masyarakat.

”Sejauh ini, sudah ada 20 kasus pelanggaran, 3 kasus ditindaklanjuti dengan pro-justitia dan 17 kasus lainnya ditindaklanjuti dengan pemberian sanksi administratif,“ papar Zulkifli saat ekspose di kantor BPOM, Jumat, 25 Oktober 2013. (gUE)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *