UMB & Pemprov Bangun MOU di Bidang Penanganan Bencana

Oleh Tgl: September 5, 2013
umb

Kondisi Bengkulu yang rawan bencana ini memang harus selalu siap terhadap bencana yang tidak dapat diperkirakan kapan akan datang. Dimana titik kumpul, jalan mana yang akan dilalui ,siapa yang harus lebih dahulu di tangani

H Junaidi Hamsyah, SAg, MPd

BENGKULU –  Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB ) menandatangani nota kesepahaman kerjasama (MOU) dalam  bidang kesigapan penanganan bencana dengan Pemprov Bengkulu, yang dilaksanakan  Rabu (4/9), bertempat di Gedung Daerah Provinsi Bengkulu.

“Kondisi Bengkulu yang rawan bencana ini memang harus selalu siap terhadap bencana yang tidak dapat diperkirakan kapan akan datang. Dimana titik kumpul, jalan mana yang akan dilalui ,siapa yang harus lebih dahulu di tangani , di desa A ada berapa ibu hamil dan berapa yang lumpuh . Deteksi informasi data itu harus tepat dan cermat ,” ujar Gubenur Bengkulu H Junaidi Hamsyah, Sag, MPd, dalam sambutannya pada acara penandatanganan MOU di bidang penanganan bencana.

Di mana saat ini, Universitas Muhammadiyah Bengkulu  sudah mempunyai pusat study bencana yang mempunyai data informasi keadaan masyarakat, mulai dari yang sehat,  ibu hamil  hingga yang orang cacat untuk mempermudah dalam kesiap siagaan jika bencana terjadi.

“Deteksi  informasi data yang demikian,  mempercepat evakuasi orang- orang yang butuh pertolongan. Alhamdulillah  UMB sudah memiligi lembaga itu, makanya kita menjalin kerjasama  dalam bidang penanganan bencana ini,” jelas Junaidi.

Gubernur Bengkulu menambahkan, kedepannya Pemprov Bengkulu, dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) dapat menjalin kerjasama dengan semua stakeholder yang ada dan dapat melakukan penyuluhan ke derah-daerah rawan bencana .

Sementara itu Rektor Universitas Muhammadiyah Bengkulu  Dr. Khairil selepas acara mengatakan, dalam hal ini, pada prinsipnya semuanya harus  saling mendukung sesuai dengan peran , fungsi dan tugasnya masing-masing, untuk mencapai tujuan bersama dengan kesinergisan.(cw8)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *