Tak Mungkin Parpol Tak Tahu Peraturan

Oleh Tgl: September 5, 2013
partai

Pelanggaran administrasi berupa pemasangan alat peraga telah melanggar Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 1 yang telah diperbaharui menjadi PKPU Nomor 52 Tahun 2013

Fatimah Siregar, M.Pd

BENGKULU – Hingga saat ini, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Bengkulu hanya mengidentifikasi pelanggaran ringan yang telah dilakukan oleh beberapa partai politik (parpol) peserta pemilu legislatif 2014 mendatang.

Seperti pemasangan alat peraga di jalan-jalan yang tidak diperbolehkan. Meski pelanggaran ini hanya dikategorikan ke dalam pelanggaran administrasi pemilu.

“Pelanggaran administrasi berupa pemasangan alat peraga telah melanggar Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 1 yang telah diperbaharui menjadi PKPU Nomor 52 Tahun 2013,” kata anggota Panwaslu Kota Bengkulu Fatimah Siregar, M.Pd kepada Jurnalis Bengkulu Online, Kamis (5/9).

Namun hal ini cukup disayangkan, lantaran sebelumnya Panwaslu telah memberikan himbauan kepada parpol peserta pemilu mengenai larangan ini.

“Tidak mungkin parpol tidak tahu jalan-jalan mana saja yang dilarang keras untuk memasang alat peraga, seperti bendera ataupun spanduk,” ungkapnya.

Parpol yang teridentifikasi melakukan pelanggaran tersebut, diantaranya Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) dan beberapa partai peserta pemilu lainnya.

“Temuan inipun telah kita sampaikan kepada KPU Kota Bengkulu guna ditindaklanjuti,” tutupnya.(Cw10)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *