Solusi Penyempitan Lahan, Kadistan Tawarkan Intensifikasi Pertanian

Oleh Tgl: September 3, 2013
lahan

kebijakan sekarang ini bagaimana petani itu menyikapi masalah lahan yang sempit itu kalau bisa dengan mengembangkan pola tanam terpadu seperti intensifikasi lahan jaman dulu

Edi Nelvian

BENGKULU -Fenomena masyarakat keluar dari usaha tani saat ini sedang marak-maraknya penyebabnya tidak lain karena semakin sempitnya lahan yang tidak diimbangi dengan pertumbuhan masyarakat.

Kepala Dinas Pertanian Bengkulu Edi Nelvian, Selasa (3/9) mengungkapkan solusi permasalahan penyempitan lahan yang terjadi di Propinsi Bengkulu dapat diatasi dengan cara penerapan pola tanam terpadu.

Dari berbagai solusi yang ada, Edi Nelvian menawarkan  mengenai kebijakan intensifikasi lahan seperti dilansir dalam perkataanya “kebijakan sekarang ini bagaimana petani itu menyikapi masalah lahan yang sempit itu kalau bisa dengan mengembangkan pola tanam terpadu seperti intensifikasi lahan jaman dulu,” Paparnya.

Lebih lanjut, Kata Edi yang dimaksud dengan dengan pola intensifikasi lahan yakni pengolahan lahan pertanian yang ada dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan hasil pertanian yang  memungkinkan petani menanam berbagai tanaman pangan dan ternak karena itu dirinya menghimbau harus memanfaatkan lahan meski hanya sedikit

“Intensifikasi nantinya dimana ada ternaknya, ada tanaman buah-buahan walaupun lahannya sempit. Sejengkal tanah pun harus dimanfaatkan,” Ungkapnya.(Cw10)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *